Jumat 21 Feb 2014 04:01 WIB

Mahasiswa KKN Unila Gulirkan Program NDP Hijau

Universitas Lampung (Unila)
Foto: wikipedia
Universitas Lampung (Unila)

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TENGAH -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Lampung menggulirkan program nilai tambah dengan pengolahan hijau untuk peningkatan ekonomi warga di Sendangretno, Kabupaten Lampung Tengah.

Program NDP Hijau itu merupakan salah satu program unggulan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik Unila yang disampaikan dalam pertemuan di Desa Sendangretno, Kamis, di rumah salah seorang warga Sendangretno Saridem (50).

Penanggung jawab Program NDP Hijau itu Gita Leviana Putri menjelaskan NDP Hijau merupakan program pemberdayaan masyarakat khususnya bidang ekonomi. Pertemuan mahasiswa KKN Tematik Unila dengan warga tentang NDP Hijau ini untuk ke tujuh kalinya.

"NDP Hijau berasal dari Nilai Tambah Dengan Pengolahan Hijau, maksudnya kami mahasiswa KKN Unila akan memberikan sosialisasi tentang pentingnya pengolahan hijau pertanian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Sendangretno," ujarnya.

Mahasiswi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila tersebut juga menjelaskan bahwa Program NDP Hijau ini tidak hanya secara teori tetapi mengajarkan praktik pengolahannya.

Dia menjelaskan, sebenarnya NDP Hijau itu program kolaborasi yang dikemas antardisiplin ilmu, antara hasil pertanian dengan ekonomi.

Gita juga menjelaskan, untuk meningkatkan kekuatan petani akan dibentuk suatu badan usaha.

"Kami sudah membentuk Badan Usaha Milik Kampung atau BUMK di Desa Sendangretno pada tanggal 18 Februari lalu, dengan sembilan bidang unit usaha, salah satunya bidang pengolahan ini," ujarnya pula.

Kepala BPK (Badan Pengawas Kampung) Sendangretno Otim menjelaskan bahwa sesungguhnya keinginan untuk pembentukan BUMK telah lama ada,

"Kami sebenarnya sudah lama bermimpi memiliki BUMK, dengan adanya mahasiswa KKN Unila ini seperti ada energi baru yang membuat kami bersemangat untuk membangun BUMK," katanya pula.

Koordinator Desa Sendangretno, I Wayan Samudra KW berharap agar program yang mereka laksanakan di Sendangretno itu bisa bermanfaat.

"Selain NDP Hijau dan BUMK yang fokus pada bidang ekonomi, kami memiliki program-program di bidang lain, yaitu pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Harapan saya selaku koordinator desa, program yang kami laksanakan bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka panjang," ujar dia.

Kepala Kampung Sendangretno Ahmad Turmudi menegaskan, akan berupaya untuk mendukung program para mahasiswa KKN Unila itu yang akan bermanfaat bagi masyarakat Sendangretno.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement