Jumat 07 May 2010 07:12 WIB

Ini Dia, Siswa SMP dengan Nilai UN Tertinggi

Rep: Anissa Mutia/ Red: Endro Yuwanto
Suasana UN di sebuah SMP.
Suasana UN di sebuah SMP.

JAKARTA--Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, mengungkapkan, selain siswa SMP yang tak lulus ujian nasional (UN), terdapat pula siswa yang berhasil memiliki nilai ujian nasional (UN) tertinggi.

Mereka adalah Fitriyan Dwi Rahayu (siswi SMPN 1 Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah) Ni Made Yuli Lestari (siswi SMPN 1 Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali), dan Ni Kadek Indra Puspayant (siswi SMPN 1 Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali).

"Nilainya 9,95 hampir 10 semua. Dan ini bukan di Semarang, DKI Jakarta, atau Jawa Timur, ada di kota kecil,” ujar Mendiknas dalam jumpa pers UN SMP di Kantor Kemendiknas,  Kamis (6/5).

Mendiknas menegaskan, para siswa yang memiliki nilai tertinggi ada di daerah. Ini menunjukkan bahwa prestasi tidak serta merta didominasi oleh kota-kota besar. "Artinya lokus tidak memberikan jaminan seseorang berprestasi. Buktinya yang juara bukan di ibukota provinsi, tetapi di daerah terpencil," jelasnya.

Hasil UN akan diumumkan oleh masing-masing sekolah besok, Jumat (7/5). Namun, kata Mendiknas, yang terpenting masih ada ujian ulang pada 17-20 Mei 2010.

"Masih ada 10 hari untuk persiapan. Mudah-mudahan dalam jangka 10 hari mereka bisa persiapkan dengan baik. Kepala sekolah, guru, dan orang tua semua tetap memberikan dukungan, dorongan, dan motivasi, sehingga Insya Allah bisa sukses," tegas Mendiknas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement