Kamis 17 Feb 2011 18:21 WIB

Dubes China: Feng Shui Kota Semarang Bagus

Zhang Qiyue (kiri)
Foto: Antara/R. Rekotomo
Zhang Qiyue (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG - Duta Besar China untuk Indonesia, Zhang Qiyue, menilai potensi Kota Semarang yang berhadapan dengan laut cukup bagus untuk perkembangan kehidupan masyarakatnya.

"Saya sangat terkesan. Kota Semarang memiliki feng shui yang sangat bagus," katanya sebagaimana disampaikan penerjemahnya seusai mengunjungi Kelenteng "Tay Kak Sie" Semarang, di Semarang, Kamis (17/2).

Zhang Qiyue mengatakan kelakarnya tentang feng shui itu hanya bercanda. Namun, ia meyakinkan bahwa Kota Semarang memang memiliki berbagai potensi dan keunikan yang bisa dikembangkan lebih baik.

Banyak bangunan bersejarah yang dimiliki Kota Semarang, kata dia, seperti kelenteng-kelenteng tua yang masih lestari. Kultur masyarakatnya yang ramah dan bersahabat.

Zhang Qiyue mengemukakan corak kebudayaan yang dimiliki masyarakat Kota Semarang juga beragam, termasuk ciri khas kelenteng-kelenteng yang tidak dimiliki kelenteng di China. Kelenteng-kelenteng di Indonesia, termasuk di Semarang yang ditemuinya, memiliki keunikan tersendiri seperti dewa-dewa yang khas dan tidak ditemui di kelenteng lainnya.

Berbagai kebudayaan milik masyarakat Kota Semarang juga berbaur menjadi satu. Hal itu menggambarkan keselarasan kehidupan masyarakat dan menjadikan indah Kota Atlas itu. Berbagai potensi yang dimiliki Kota Semarang itu, katanya, bisa menarik lebih banyak peluang investasi dan kerja sama di berbagai bidang seperti perdagangan, pariwisata, dan pendidikan. Apalagi, hubungan persahabatan antara China dan Indonesia, terutama Kota Semarang sudah terjalin lama, setidaknya sejak 605 tahun lalu Laksmana Cheng Ho sudah sampai Semarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement