Ahad 16 May 2010 23:45 WIB

UI Masuk Enam Besar Perguruan Tinggi di Asia Tenggara

Stand Universitas Indonesia dalam sebuah ajang pameran pendidikan internasional
Foto: Dok Republika
Stand Universitas Indonesia dalam sebuah ajang pameran pendidikan internasional

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Universitas Indonesia (UI) masuk jajaran elit enam besar di Asia Tenggara dan menempati peringkat 50 perguruan tinggi terbaik di Asia. "Peringkat ini berdasarkan penilaian yang dikeluarkan Asian University Rankings-QS.com terhadap 200 perguruan tinggi di Asia pada tanggal 13 Mei 2010," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Ahad.

Ia mengatakan sebagai universitas terbaik di negeri ini, UI menggungguli beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia, seperti National Taiwan University of Science and Technology (56), University Kebangsaan Malaysia (58), dan Tokyo Metropolitan University (64).

"Indonesia patut berbangga karena lima perguruan tinggi terbaiknya masuk dalam kriteria penilaian," katanya.

Universitas Gajah Mada (UGM) menduduki peringkat 85, Universitas Airlangga (Unair) pada peringkat 109, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada peringkat 113, dan Intitut Pertanian Bogor (IPB) pada peringkat 119.

Lebih lanjut ia mengatakan penilaian pemeringkatan ini berdasarkan empat kriteria utama, yaitu research quality, teaching quality, graduate employability, dan internationalitation.

Untuk ranking per-subject, kata Vishnu hasil yang diperoleh UI adalah sebagai berikut; bidang Arts and Humanities (peringkat 18), Life Sciences & Biomedicine (27), Natural Sciences (44), Social Sciences (23), IT & Engineering (50).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement