Selasa 04 May 2010 02:05 WIB

700 Siswa TK dan SD di Yogya Ikuti Olimpiade Matematika

Rep: Yulianingsih / Red: Endro Yuwanto
Medali emas olimpiade
Medali emas olimpiade

YOGYAKARTA--Sebanyak 700 siswa dari Taman kanak-kanak (TK) dan Sekolah dasar (SD) di Kota Yogyakarta mengikuti olimpiade Matematika di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosumantri UGM, Ahad petang (3/5). Mereka terbagi menjadi 224 kelompok yang mewakili sekolah masing-masing.

Menurut panitia Olimpiade, Kharis Wijaya, kegiatan tersebut merupakan olimpiade pertama untuk siswa TK dan SD di Yogyakarta. "Yogyakarta identik dengan Kota Pelajar atau Kota Pendidikan, banyak bibit-bibit juara olimpiade di sini. Karenanya dengan ajang ini kita ingin mencari bibit-bibit tersebut sedini mungkin," paparnya.

Olimpiade matematika untuk Tk dan SD itupun berbeda dengan olimpiade matematika pada umumnya. Para siswa tidak disodori oleh soal-soal dalam lembar pertanyaan yang harus diisi, tetapi para peserta dalam kelompok masing-masing ditugasi untuk melakukan penghitungan cepat dengan cara mencocokan kartu dengan hasil penghitungannya. Kelompok tercepat dalam penghitungan tersebut sebagai juara dalam olimpiade itu.

Menurut Kharis, para peserta olimpiade dibagi dalam tiga kategori yaitu tingkat TK, tingkat SD kelas 1 dan 2, serta tingkat SD kelas 3 hingga kelas 6. Setiap kelompok beranggotakan tiga orang. Olimpiade Matematika pertama untuk siswa TK dan SD di Yogyakarta itu memperebutkan trofi bergilir dari Walikota Yogyakarta dan uang pembinaan. Olimpiade rencananya akan dilakukan secara rutin setahun sekali untuk mencari bibit-bibit juara di Yogyakarta.

Selain mencari bibit unggul di bidang matematika sedini mungkin, melalui ajang tersebut, kata Kharis, pihaknya ingin mengenalkan bahwa pelajaran matematika bukan pelajaran yang sulit. Tetapi pelajaran yang mudah dan menyenangkan.

Dalam ajang tersebut untuk tingkat TK, juara I dimenangkan oleh Tim 3 TK Batik PPBI Yogyakarta, Juara II juga dimenangkan tim 45 TK Batik PPBI Yogyakarta, Juara III diraih TKIT BIAS Yogyakarta dan Juara Harapan I diraih TK Masjid Perak KOtagede Yogyakarta.

Untuk kelompok SD kelas 1 dan 2, juara I, II, dan III diraih oleh tim dari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta dan juara harapan I diraih SD Islamiyah Warung Boto Yogyakarta. Sedangkan untuk kelompok SD kelas 3 hingga kelas 6, juara I diraih tim dari SD Muhammadiyah Sapen, Juara II tim dari Sd Muhammadiyah Sapen, Juara III dari SD Tegal Panggung dan Juara IV dari SD Muhammadiyah sapen Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement