Senin 09 Jul 2012 19:59 WIB

120 Peserta Pimnas Ikuti Pawai Ta'aruf

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Karta Raharja Ucu
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012 yang ke-25.
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012 yang ke-25.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sekitar 120 orang yang mewakili 97 perguruan tinggi di Indonesia ikut serta dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 yang digelar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ke-120 peserta itu diarak memakai 30 andong yang berangkat dari Gedung Asri Medical Center Yogyakarta (AMC) dalam pawai ta'aruf di Kota Yogyakarta, Senin (9/7) sore.

Penanggung jawab pawai ta'aruf, Moh Afandi menjelaskan, pawai tersebut digelar sebagai upaya untuk melestarikan budaya masing-masing daerah peserta. Selain memakai jas almamater masing-masing perguruan tinggi, ada juga beberapa peserta yang mengenakan pakaian adat masing-masing daerah.

"Di samping itu, hiasan andong menggunakan janur kuning yang dibentuk sedemikian rupa dan di sekelilingnya dihiasi dengan maskot PIMNAS ke-25, berupa prajurit Wirabraja yang dikenal sebagai prajurit Lombok Abang (bahasa jawa: cabai merah)," kata Afandi saat berbincang dengan Republika disela-sela persiapan pawai ta'aruf di AMC.

Rektor UMY, Dasron Hamid mengungkapkan, alasan penggunakan prajurit Wirabraja sebagai maskot karena prajurit Wirabraja secara filosofis bermakna prajurit yang sangat berani melawan musuh, pantang menyerah, serta mempunyai pancaindera yang tajam dan peka. Sehingga dalam keadaan apapun selalu waspada.

"Dengan demikian, prajurit ini merupakan salah satu simbol untuk menggambarkan sikap keperwiraan, keberanian, pantang mundur dan juga untuk memadukan nilai kultural akademik," ujar Dasron menerangkan.

Lebih lanjut Afandi menuturkan, pawai tersebut diawali dengan mobil Wilis yang membawa dua maskot PIMNAS ke-25. Lalu diikuti 30 andong yang membawa peserta PIMNAS. Sesampainya di depan Kepatihan, sebanyak 60 prajurit keraton (prajurit Daeng) bergabung dengan peserta PIMNAS, kemudian para prajurit dan 40 peserta marching band UMY, lalu peserta PIMNAS berjalan menuju Alun-alun Utara Yogyakarta.

Sesampainya di Alun-alun Utara, peserta pawai bakal menjalani Shalat Maghrib di Masjid Gede Kauman Yogyakarta. Kemudian mereka menuju Pagelaran Keraton Yogyakarta bergabung dengan peserta PIMNAS lainnya untuk mengikuti acara welcome dinner bersama Raja Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement