Kamis 02 Feb 2012 23:34 WIB

26 Februari, Empat PTN Gelar Tes SNMPTN Jalur Undangan

Pengumuman SNMPTN akan dilakukan via onlines.
Foto: www.persma.com
Pengumuman SNMPTN akan dilakukan via onlines.

REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN -- Empat perguruan tinggi negeri di Indonesia menggelar ujian Tes Penjajakan Bidang Ilmu terhadap calon mahasiswa yang akan diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur undangan.

Humas Universitas Sumatera Utara (USU) Bisru Hafi, mengatakan,  Program Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) Tahun 2012 diikuti oleh empat universitas, yakni Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan Universitas Palangka Raya (UNPAR).

"Ujian TPBI bagi siswa SMA peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan Tahun 2012 dijadwalkan berlangsung pada 26 Februari 2012. Untuk USU sendiri akan digelar di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara," katanya.

Menurut dia, materi ujian TPBI yang akan diujikan nanti tetap mengikuti pengelompokan bidang ilmu, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Rincian materi ujian TPBI terdiri dari kemampuan dasar yang meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Kemampuan IPA meliputi Fisika, Kimia, Biologi serta untuk kemampuan IPS meliputi ekonomi, geografi dan sejarah.

"TPBI sendiri bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap kemampuan siswa dan mendapatkan gambaran awal atas minat siswa. Bagi USU nilai TPBI akan menjadi pertimbangan utama dalam penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN jalur undangan 2012," katanya.

Proses untuk ikut sebagai peserta TPBI, lanjut dia, diawali dengan pendaftaran online pre registrasi pada website http://www.umb.spmb.or.id yang diikuti dengan pembayaran biaya ujian di Bank BNI sesuai dengan pilihan perguruan tinggi negeri. Selanjutnya para peserta melakukan pendaftaran online kembali di website hingga batas akhir 24 Februari 2012, sedangkan ujian tulis dilaksanakan pada Minggu 26 Februari 2012.

Pelaksanaan ujian TPBI ini akan dilaksanakan di Kampus USU dan dibeberapa tempat lainnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement