Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Di Langkat, Dana BOS Triwulan Pertama Belum Cair

Ahad 03 Apr 2011 13:05 WIB

Red: Djibril Muhammad

Dana BOS

Dana BOS

REPUBLIKA.CO.ID, STABAT, SUMUT - Bantuan operasionil sekolah triwulan pertama untuk Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, belum juga disalurkan ke rekening sekolah penerima dana bantuan. "Kita belum menyalurkan dana BOS tersebut ke sekolah-sekolah, dan masih memintakan pendahuluan untuk pembayaran," kata Sugirin, selaku Manajer BOS ketika dihubungi di Stabat, Ahad (3/4).

Sugirin yang dipercayakan selaku Maneger BOS yang ditunjuk Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langakat menjelaskan bahwa pihaknya sudah membuat usulan ke DPRD Langkat, untuk meminta dana BOS didahulukan. Namun hingga sekarang ini belum ada tanda-tandanya. Sementara itu pula APBD Langkat sudah pula disahkan oleh DPRD Langkat, jadi semakin tambah bingung jadinya.

"Percayalah, bila nanti secepatnya turun, maka segera kita bayarkan ke rekening sekolah penerima dana BOS tersebut," katanya.

Sugirin menceritakan pula bahwa dana BOS yang diterima Kabupaten Langkat mencapai Rp 71 miliar lebih, yang diperuntukkan buat siswa penerima dari SMP Negeri sebanyak 23.593 siswa, SMP swasta sebanyak 14.676 siswa, sedangkan penerima SD Negeri sebanyak 118.971 siswa dan SD swasta sebanyak 5.355 siswa. Siswa penerima dana BOS, mereka akan menerimanya per triwulan, dimana per siswa menerima untuk SMP sebesar Rp 142.500 dan SD akan menerima sebesar Rp 99.250.

Dari penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Syaiful Syafri, mengatakan berdasarkan laporan yang diterima per 28 Maret 2010, ada 15 kabupaten/kota lagi belum menyalurkan dana BOS tersebut yakni Kota Sibolga, Gunung Sitoli, Pematang Siantar, Tapanuli Tengah, Nias, Nias Barat, Langkat, Karo, Labuhan Batu, Dairi, Nias Selatan, Samosir, Labusel, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.

"Keterlambatan penyaluran dana BOS disebabkan pemerintah kabupaten/kota tidak memahami juknis penyaluran dana BOS serta surat edaran bersama Mendagri dan Mendiknas RI Nomor 900/5106/Sj dan 02/XII/SEB/2010," katanya.

Jumlah dana BOS untuk Sumut tahun 2011 semester pertama ini mencapai Rp 169,7 miliar. Dana BOS dalam peraturan PP No 48 Tahun 2008 meliputi biaya satuan pendidikan, biaya penyelenggaraan atau pengelolaan pendidikan dan biaya pribadi peserta didik (siswa).

Dana BOS dapat pula dipakai untuk membayar gaji guru honor, beasiswa pendidikan siswa berprestasi, biaya pemeliharaan sarana dan prasarana dan biaya operasional lain-lain di sekolah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA