Jumat 20 Jun 2014 15:18 WIB

Tim Prabowo-Hatta: Revitalisasi Pasar Tradisional Mutlak

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Muhammad Hafil
Masa yang tergabung dalam Nahdiyin mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Prabowo-Hatta di Aswaja Center, Jakarta, Rabu (18/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PRINGSEWU -- Tim pemenangan nasional pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, melaksanakan kampanye di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Jumat (20/6).  Tim Pemenangan Nasional Prabowo-Hatta, diwakili oleh Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya, Suhardi dan fungsionaris Partai Golongan Karya, Rully Azwar, menyambangi Pasar Gading Rejo dan Pasar Pringsewu. 

Ditemui wartawan di sela-sela pelaksanaan kampanye, Suhardi menekankan pentingnya fungsi pasar tradisional sebagai tempat pemasaran dari produk pertanian, perkebunan dan peternakan, yang dihasilkan produsen lokal.  Oleh karena itu, sudah sepatutnya pasar tradisional tidak dijadikan sebagai tempat pemasaran dari produk luar negeri.  "Itu akan jadi kesalahan besar," kata Guru Besar Universitas Gadjah Mada tersebut.

Lebih lanjut, Suhardi menjelaskan, dalam visi misi maupun program Prabowo-Hatta, pasar tradisional merupakan lambang atau supremasi ekonomi kerakyatan.  Jika diberikan mandat oleh masyarakat dengan memenangi Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014, Prabowo-Hatta menekankan pentingnya transformasi pasar tradisional menjadi pasar modern.  "Dengan demikian, pasar tradisional akan nampak menjadi pasar yang indah," kata Suhardi.

"Dan kalau perlu menjadi daerah wisata, sekaligus pemasaran mayoritas produk.  Ini perdagangan rasional yang tidak dimiliki perdagangan modern.  Dengan pasar tradisional seperti itu, semua pihak puas," ujar Suhardi.  Selain pasar tradisional, Suhardi menyinggung pentingnya peran negara dalam menjaga harga produk lokal.  Fakta yang mengemuka saat ini adalah adanya gap yang tinggi pada harga antara produsen dan pemerintah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement