Ahad 15 Jun 2014 17:57 WIB

Visi Ekonomi Capres Harus Migrasikan Kelas Menengah

Rep: Elba Damhuri/ Red: Muhammad Hafil
Pertumbuhan ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia terjebak ke dalam kelas menengah dengan pendapatan cenderung berada di bawah (upper middle income). Karena itu, pasangan capres harus mampu meyakinkan rakyat dengan visi dan misi mereka untuk mengeluarkan Indonesia dari jebakan kelas menengah ini.

"Saat ini, yang dibutuhkan, adalah program ekonomi yang mampu membuat begara kita bermigrasi dari kelompok negara berpendapatan menengah ke kelompok negara berpendapatan tinggi," kata pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) Muslimin Anwar di Jakarta, Ahad (15/6). 

Secara ukuran, ekonomi Indoonesia memang besar. Namun, dari sisi pendapatan per kapitanya, masih tergolong menengah dengan kecenderungan berada di bawah.

Terkait dengan itu, kata Muslimin, pemerintah mendatang harus mampu menyiapkan modal dasar pembangunan seperti infrastruktur yang dibangun dengan cepat. Juga, SDM yang meningkat kualitasnya dan laboratorium riset yang mendukung inovasi-inovasi bagi pengembangan industri berteknologi menengah dan tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement