Jumat 22 Aug 2014 08:35 WIB

Ini Teks Lengkap Pidato Kemenangan Jokowi

Akun Facebook Jokowi yang memuat pidato kemenangan menyambut putusan MK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sembilan hakim konstitusi kompak menolak gugatan seluruhnya yang diajukan kubu Prabowo pada Kamis (21/8). Putusan itu dibuat bulat, tanpa ada dissenting opinion. Alhasil, secara otomatis Jokowi ditetapkan sebagai presiden periode 2014-2019.

Menyambut kemenangan itu, Jokowi telah menyiapkan pidato kemenangannya. Dia mengunggah pidato itu melalui akun Facebook miliknya. Berikut isi pidato tersebuit:

PIDATO MENYAMBUT PENGUMUMAN MK

Assalamualaikum wr.wb

Salam Sejahtera

Om Swastyastu

Saudara-saudara sebangsa dan setanah-air,

Hari ini Mahkamah Konstitusi, telah mengambil putusan tentang sengketa Pilpres 2014. Sesuai dengan amanat konstitusi, putusan MK adalah putusan yang bersifat final dan mengikat. Inilah tahapan akhir dari seluruh rangkaian proses kompetisi politik dalam Pilpres 2014.

Dalam menyikapi putusan MK, kami, Jokowi dan Jusuf Kalla mengajak seluruh elemen bangsa, terutama para elite politik, untuk menghormati apa yang telah diputuskan oleh MK. Sikap ini adalah cermin dari kehendak kita bersama untuk meletakkan supremasi Konstitusi dan hukum sebagai fondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena bagaimanapun Demokrasi akan bisa tumbuh kuat dan stabil apabila ditopang oleh penghormatan kita pada supremasi Konstitusi dan hukum.

Pada kesempatan yang baik ini, saya juga menyerukan pada seluruh rakyat untuk kembali bergandengan tangan, bergotong royong, merapatkan barisan, bahu membahu untuk menyongsong era baru berjuang bersama guna terciptanya masyarakat adil dan makmur.

Mari kita bersatu kembali untuk menjadi bagian dari bangsa yang satu. Mari lupakan perbedaan pilihan politik saat Pilpres untuk ambil peran di dalam mewujudkan cita-cita kita sebagai bangsa yang besar. Persatuan rakyat dan gotong royong akan menjadi kekuatan baru untuk membangun kembali Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Akhirnya, saya ucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah menciptakan situasi yang kondusif bagi jalannya persidangan MK. Khususnya kepada aparat keamanan yang bekerja keras mengamankan proses persidangan sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

Mari bersatu kembali, bergerak bersama untuk menyongsong era baru.

Jakarta, 21 Agustus 2014

Joko Widodo - Jusuf Kalla

Wassalamualaikum wr. wb

Salam Sejahtera

Om Shanti Shanti Shanti Om

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement