Sabtu 05 Jul 2014 23:51 WIB

Debat Selesai, Pendukung Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta Salam-salaman

Rep: Ira Sasmita/ Red: Esthi Maharani
Calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto (kiri), dan calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo (kanan), berjabat tangan jelang debat di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Ahad (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Debat pamungkas antara pasangan calon presiden dan wakil presiden 2014 telah selesai. Meski sepanjang debat perang yel-yel terus terjadi antara kedua kubu pasangan capres, begitu debat selesai mereka langsung melakukan rekonsiliasi.

Kubu pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla dan pendukung Prabowo-Hatta tampak saling bersalaman dan berbaur setelah debat selesai. Suasana yang sempat menegang saat debat berlangsung langsung cair setelah debat berakhir. Bahkan tampak kedua kubu pendukung berfoto bersama setelah debat ditutup.

Debat malam ini merupakan debat capres terakhir pada pemilu presiden 2014. Debat akan dimoderatori Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Sudharto P Hadi, MES, PhD dengan tema 'Pangan, Energi, dan Lingkungan'. KPU mengharapkan pasangan calon bisa memaksimalkan penampilannya. Sekaligus menjaga suasana pemilu yang damai dan berintegritas.

Rangkaian debat berlangsung sebanyak lima kali. Pertama, pada 9 Juni, debat capres dan cawapres disiarkan SCTV, Indosiar, dan Berita Satu dengan tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum. Kedua, pada 15 Juni, debat capres disiarkan Metro TV dengan Tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. Ketiga, pada 22 Juni disiarkan TV One dan ANTV dengan tema Politik Intrenasional dan Ketahanan Nasional.

Debat keempat, pada 29 Juni, debat cawapres disiarkan RCTI, MNCTV, dan Global dengan Tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek. Terakhir, pada 5 Juli, debat capres dan cawapres disiarkan TVRI, Kompas TV, dan RTV dengan Tema Pangan, Energi, dan Lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement