Sabtu 05 Jul 2014 23:09 WIB

Dianggap Salah Tanya, JK Ogah Jawab Pertanyaan Hatta

Calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto (kiri), dan calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo (kanan), berjabat tangan jelang debat di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Ahad (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Jusuf Kalla enggan menjawab pertanyaan dari cawapres nomor dua, Hatta Rajasa tentang kalpataru.

JK mengoreksi pernyataan Hatta. JK memastikan, penghargaan untuk sebuah kota madya adalah Adipura, bukan Kalpataru.

"Kalau kota itu bukan Kalpataru, tapi Adipura," kata JK dalam debat terakhir, Sabtu (5/7).

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Sedangkan Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup.

Hatta sempat menyinggung soal DKI Jakarta dan kota Solo yang tak lain dua wilayah yang pernah dipimpin jokowi tak lagi mendapatkan Kalpaltaru.

"Bentuk penghargaan itu bukan sesuatu yang terlalu prinsip, tapi lebih merupakan refleksi keberhasilan dari sebuah kota yang bersih dan sehat. Apakah itu dapat atau tidak itu konsekuensi. Mengapa misalkan DKI yang sebelumnya selalu dapat, tahun ini tidak dapat. Atau misalkan Solo, belum pernah dapat sampai saat ini," ujar Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement