Senin 19 May 2014 16:34 WIB

Demokrat Sebut Poros Baru tak Mungkin Dibentuk

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Joko Sadewo
Syarif Hasan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Syarif Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat belum akan memberikan dukungan politiknya terhadap dua pasangan capres/cawapres yang sudah mendeklarasikan diri.

Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan partai berlambang bintang mercy itu berkeinginan mendengar platform dua pasangan bakal capres dan cawapres, khususnya di bidang ekonomi. "Begitu platform sudah jelas, kita bisa menentukan (arah koalisi)," ujar Syarief saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Senin (19/5).

Hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat, kemarin, memutuskan untuk netral terhadap dua poros koalisi yang ada.  Syarief mengatakan keputusan tersebut bukanlah arahan, melainkan preferensi dari peserta rapimnas partai pemenang Pemilu 2009 ini. 

Ditanya soal kemungkinan Demokrat membentuk poros baru dengan Partai Golongan Karya, Syarief mengatakan, "Nggak ada. Sulit," kata menteri koperasi dan usaha kecil menengah tersebut. "Intinya sejauh ini preferensi kita netral," kata Syarief kembali menegaskan.

Sampai saat ini, telah dipastikan dua pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden yang akan berpartisipasi dalam Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014. 

Kedua pasangan itu adalah Joko Widodo-Jusuf Kalla, yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Hati Nurani Rakyat.

Sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, diusung koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement