Jumat 11 Apr 2014 16:47 WIB

Golkar Akan Ajak Dua Parpol Islam Ini Berkoalisi

Rep: Bambang Noroyono/ Red: A.Syalaby Ichsan
Fadel Muhammad
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Fadel Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golkar tertarik untuk menggandeng dua atau tiga partai Islam untuk bergabung pemerintahan 2014.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Fadel Muhammad mengatakan, partainya membutuhkan partisipasi partai berbasisi Islam, untuk penguatan parlemen dan pemerintahan.

"Kami, partai Golkar akan menggandeng, terutama kawan kami, PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bersama-sama (berkoalisi)," kata Fadel, kepada RoL, Jumat (11/4). Kata dia, partisipasi partai Islam, perlu diperhitungkan dalam arena politik saat ini.

Diketahui, hasil hitung cepat pileg 2014, menempatkan Golkar ada di posisi kedua setelah PDI Perjuangan. Partai Golkar mendapatkan sekitar 14,40 persen suara nasional. Dengan hasil tersebut, kader beringin akan menduduki kurang lebih sebanyak 112 dari 560 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Sementara PDI Perjuangan, berada di pucuk dukungan, dengan menguasai 19,10 persen suara nasional. Sedangkan Partai Demokrat, sebagai partai pemenang pemilu 2004 dan 2009, 'dipaksa' keluar dari tiga besar. Partai bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, harus puas, dengan peroleh 9,60 persen dukungan suara nasional.

Menurut Fadel, berkoalisi dengan dua partai tersebut, adalah langkah politik Golkar untuk menjamin terselenggaranya sistem presidensial yang kuat di pemerintahan. Kata dia, target koalisi Golkar untuk di parlemen harus mencapai separuh kursi di DPR RI.

Dengan adanya koalisi tiga partai besar tersebut, dikatakan dia, akan menjamin penguatan dukungan pemerintahan mendatang oleh parlemen. ''Kita (Golkar) berharap, koalisi ini bisa berjalan,'' ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement