Selasa 20 May 2014 18:50 WIB

PDIP: Partai hanya Pelengkap Saja di Pilpres

Tjahyo Kumolo
Foto: Republika/Amin Madani
Tjahyo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Politisi PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa partai politik hanya akan menjadi sebuah pelengkap dalam pemilu presiden, sehingga tidak akan berpengaruh besar terhadap kemenangan.

"Bicara pilpres sangat beda dengan pileg, Pilpres itu figur yang dipilih, sedangkan partai politik hanya sebagai pelengkap," kata Tjahjo Kumolo disela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDIP di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan atas dasar itu PDIP tidak terpengaruh dengan poros koalisi gemuk yang saat ini mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Asalkan penyelenggara pemilu dan aparat TNI dapat bersikap netral dalam Pilpres 2014.

"Yang penting KPU dan TNI netral, tidak ada mobilisasi anggaran dan sturktur negara seperti 2004-2009, saya kira akan 'fair'," kata dia.

Tjahjo mengatakan dalam Rakornas PDIP ini akan dibahas ihwal strategi pemenangan pilpres. Menurut dia strategi utama pemenangan pilpres ada pada proses interaksi langsung pasangan capres-cawapres dengan rakyat.

"Memang dukungan media sangat penting, tapi bergerak dan bersentuhan dengan masyarakat itu lebih penting. Jokowi sebanyak mungkin harus bersentuhan dengan masyarakat, JK juga," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement