Kamis 03 Apr 2014 13:01 WIB

Ratusan Perempuan Aksi untuk Keterwakilan Perempuan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Joko Sadewo
Dukungan untuk caleg perempuan
Foto: www.antaranews.com
Dukungan untuk caleg perempuan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ratusan perempuan yang tergabung dalam Koalisi Perempuan Indonesia  (KPI) melakukan aksi damai dengan berjalan kaki dari Jalan Abubakar Ali menuju Malioboro dan terakhir di Titik Nol Yogyakarta, Kamis (3/4).

Mereka berasal dari 14 kelompok perempuan yang  mewakili para ibu rumah tangga, pedagang pasar, pengepul sayuran, lanjut usia, pekerja informal , pekerja rumah tangga, pekerja seks komersial, petani, buruh pabrik, mahasiswa, janda dan sebagainya. Bahkan banyak ibu yang menggendong anaknya.

Menurut penanggungjawab aksi Halimah Ginting, KPI sebagai salah satu organisasi massa yang peduli terhadap persoalan perempuan dalam rangka mendukung pemilu bersih (no money politic) dan menjadi pemilih cerdas.

Hal itu diakui oleh salah seorang peserta dari Berbah Sri Haryati.

"Kami ingin supaya caleg perempuan tidak melakukan korupsi dan apabila mereka terpilih dan duduk di legislatif tetapi korupsi kami akan menuntut untuk mundur," kata dia.

Di samping itu, kata Halimah, keterlibatan dan keterwakilan perempuan di dunia politik merupakan suatu keharusan. Sebab tanpa keterwakilan perempuan di legislatif maka persoalan-persoalan perempuan sulit untuk diperjuangkan di parlemen.

Walaupun kebijakan kuota 30 persen menjadi calon legislatif sudah terpenuhi, tetapi pengalaman politik tahun 2009 yang lalu di DIY hanya sembilan persen perempuan yang duduk menjadi legislatif perempuan.

Berangkat dari persoalan tersebut,  Halimah menambahkan, maka KPI mengadakan pendidikan pemilih untuk anggotanya agar menjadi pemilih yang cerdas dan bersih atau no money politic, mamahami pentingnya meningkatkan keterwakilan perempuan untuk duduk di legislatif  serta memahami cara mengawal suara caleg perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement