Senin 17 Mar 2014 09:35 WIB

Masih Banyak Kotak Suara Rusak di Bekasi

Kotak suara Pemilu 2014 terbuat dari kardus
Foto: Prayogi
Kotak suara Pemilu 2014 terbuat dari kardus

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kotak surat suara yang rusak masih ditemukan di Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (18/3). Kotak surat suara tersebut terbuat dari bahan seng yang dirakit dengan manual.

"Kotak surat dari seng butuh perakitan tapi ada yang gak bisa dirakit," ujar Asep Sudadi, Sekretaris Kelurahan Harapan Mulya pada Senin (17/3). Ia mengatakan ada 152 surat suara baik dari bahan seng maupun kardus yang didatangkan dari KPU Kota Bekasi.

Sayangnya, kotak surat suara dari bahan seng kebanyakan membutuhkan perakitan dan sangat sulit untuk merakit kotak surat karena kondisi dasarnya sudah rusak.

Sebanyak 12 kotak surat suara dari bahan seng gagal dirakit. Hal ini membuat Kelurahan Harapan Mulya terpaksa menghubungi KPUD Kota Bekasi guna meminta penggantian. "Kami sudah minta penggantian dan katanya bisa langsung diambil," ujar Asep.

KPU Kota Bekasi sudah menyediakan penggantian akan kotak suara yang rusak. Namun, Kelurahan Harapan Jaya menginginkan penggantian berapa kotak surat suara yang sudah jadi. "Kami ingin yang sudah dirakit saja jadi tidak perlu bolak-balik jika ternyata gak bisa lagi," ujar Asep.

Penggantian kotak surat suara menjadi hal yang harus diperhatikan oleh petugas KPU dalam mempersiapkan Pemilu yang akan dimulai April mendatang.

 Hal ini guna mencegah tidak adanya pemilih yang akhirnya malas memilih ataupun ketidaksiapan petugas dalam menangani pemilu sebagai pesta demokrasi terbesar yang harus dirayakan oleh masyarakat Indonesia. "Ya yang disini dibenerin dulu biar cepet kami mempersiapkan pemilu yang dalam hitungan minggu akan tiba," ujar Asep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement