Jumat 11 Apr 2014 10:33 WIB

Parpol Islam Diminta Bangun Koalisi Keumatan

Partai Islam
Partai Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai politik Islam disebut berpeluang membangun koalisi pemerintahan yang kuat dengan memajukan pasangan calon presiden dan cawapres pada Pilpres 2014.

Pengamat politik Islam dari Universitas Indonesia, Dr Yon Machmudi mengungkapkan, peningkatan suara parpol Islam akan membuat Pilpres lebih berwarna.

"Partai berbasis keumatan seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berpotensi besar menjadi kekuatan koalisi alternatif," katanya di Jakarta, Jumat (11/4).

Yon Machmudi mengatakan, koalisi partai keumatan bisa menjadi salah satu alternatif koalisi karena total jumlah suara bisa mencapai 32 persen. Tak hanya itu, koalisi keumatan disebut memiliki kedekatan ideologis.

Menurut dia, konstituen partai-partai keumatan ini cenderung mudah untuk dimobilisasi karena adanya ikutan emosional dan ideologis dengan partai.

"Apabila para pemimpim partai-partai keumatan ini bisa bersepakat untuk memajukan pasangan capres dan cawapres dari kalangan umat, maka koalisi ini akan lebih menjanjikan," kata Yon yang juga Sekretaris Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (UI).

Potensi itu, ujarnya, terlihat dari hasil penghitungan hitung cepat (quick count) Pemilu 2014 yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement