Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Del Potro Menangkan Tiga Jam Duel Petenis Jangkung

Rabu 05 Sep 2018 10:01 WIB

Red: Didi Purwadi

Petenis Argentina, Juan Martin del Potro, meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan peteni Amerika, John Isner, di babak perempat final turnamen tenis AS Terbuka di Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Selasa (4/9).

Petenis Argentina, Juan Martin del Potro, meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan peteni Amerika, John Isner, di babak perempat final turnamen tenis AS Terbuka di Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Selasa (4/9).

Foto: EPA-EFE/Justin Lane
Pertarungan maraton perempat final berlangsung selama lebih dari tiga jam 31 menit.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Juan Martin Del Potro menundukkan John Isner dengan skor 6-7(5), 6-3, 7-6, 6-2 untuk mencapai semifinal AS Terbuka. Pertarungan antara dua petenis bertubuh jangkung ini berlangsung di Stadion Arthur Ashe pada Selasa (5/9).

Pertarungan maraton perempat final selama lebih dari tiga jam 31 menit merupakan ujian berat di kelembaban yang ekstrim. Ofisial memutuskan untuk menghentikan pertandingan-pertandingan level junior di lapangan-lapangan di luar selama lebih dari dua jam.

Pertandingan dimainkan di Arthur Ashe, namun suhu mencapai 37,7 derajat celcius yang mengubah tempat itu menjadi seperti sauna. Kondisi tersebut membuat kedua sosok jangkung olahraga ini, Isner (208,28 cm) asal AS dan petenis Argentina Del Potro (198,12 cm), menderita di kondisi-kondisi brutal.

photo
Juan Martin del Potro (EPA-EFE/Jason Szenes)

Siapapun yang ingin melihat permainan serve dan voli datang ke tempat yang salah. Kedua petenis bertukar serangan dari baseline. Isner melepaskan 26 ace dan Del Potro 14 ace.

Sebagaimana yang diperkirakan, peluang break hanya sedikit terjadi, Isner hanya melakukan tiga kali sepanjang pertandingan dan sama sekali tidak mampu mengonversinya. Sedangkan Del Potro memiliki 11 peluang dan mampu tiga kali memaksimalkannya, termasuk satu peluang untuk menyelesaikan pertandingan.

Itu sudah cukup untuk membuat Del Potro, juara AS Terbuka 2009, melaju ke empat besar di Flushing Meadows untuk ketiga kalinya. Ia akan berhadapan dengan unggulan teratas Rafael Nadal atau unggulan kesembilan asal Austria Dominic Thiem yang akan bermain pada Selasa malam.

Jalan Pertandingan
Petenis Argentina itu memiliki satu peluang untuk melakukan break pada set pembukaan, namun unggulan ketiga itu tidak mampu mengonversinya. Sedangkan, Isner memiliki "mini break" pada kedudukan 3-3 di tiebreak dan mengubahnya menjadi keunggulan 1-0.

photo
Petenis Argentina, Juan Martin del Potro, melepaskan pukulan ketika menghadapi petenis Amerika, John Isner, di babak perempat final turnamen tenis AS Terbuka di Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Selasa (4/9). EPA-EFE/Justin Lane

Itu adalah set pertama di mana Del Potro menyerah di AS Terbuka tahun ini. Hasil set pertama itu sebaliknya menjadi kutukan positif bagi unggulan ke-11 Isner. Isner memiliki rekor 24-2 di Flushing Meadows ketika memenangi set pertama.

Dengan Isner yang bermandi keringat dan memperlihatkan tanda-tanda kelelahan, Del Potro mampu mengamankan satu-satunya break di set kedua pada kedudukan 3-1. Hasil tersebut sudah cukup untuk menyamakan kedudukan.

photo
Petenis Amerika Serikat, John Isner, mengalami kelelahan ketika menghadapi petenis Argentina, Juan Martin del Potro, di babak perempat final turnamen tenis AS Terbuka di Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Selasa (4/9). EPA-EFE/Justin Lane

Set ketiga merupakan ulangan set pertama di mana kedua petenis tidak mampu melakukan break. Set itu akhirnya harus diteruskan dengan tiebreak yang dimenangi dengan skor 7-4 oleh sang petenis Argentina.

Istirahat karena panas selama sepuluh menit tidak banyak membentu Isner memulihkan energinya. Del Potro mematahkan serve petenis AS itu, peluang pertamanya untuk memimpin 3-0, dan kemudian menutup pertandingan ini.

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA