Rabu 05 Sep 2018 08:16 WIB

Pertukaran Pelajar Amikom Yogyakarta dan Murcia Spanyol

Program dilakukan melalui Erasmus+ International Credit Mobility.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
STMIK Amikom
Foto: amikom
STMIK Amikom

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Amikom Yogyakarta dan University of Murcia Spanyol resmi menjalankan program pertukaran pelajar. Program dilakukan melalui Erasmus+ International Credit Mobility.

Erasmus+ International Credit Mobility (ECTS) itu sendiri memiliki fokus kepada pertukaran kredit pembelajaran yang dijalani di Host University ke Home University. Programnya Master of Computer Science.

Rencananya, program itu akan diselenggarakan selama 4-5 bulan. University of Murcia di Spanyol bertindak sebagai Host University, dan Universitas Amikom Yogyakarta bertindak sebagai Home University.

Salah satu mahasiswa S2 MTI dari Universitasy Amikom Yogyakarta, Irwan Oyong, mengaku sangat bangga dapat terpilih mengikuti program tersebut. Karenanya, ia berencana memaksimalkan kesempatan yang ada untuk mendapat pengalaman.

Ia bercerita, keikutsertaannya itu berawal dari informasi diadakannya program Erasmus+ Internatinal Credit Mobility pada Februari 2018 lalu. Informasi yang didapat menyebut kalau Universitas Amikom Yogyakarta jadi salah satu peserta.

Padahal, saat itu Irwan sedang tidak berada di Yogyakarta untuk mengurus syarat-syarat. Saat itu, Irwan sedang berada di Banjarmasin, sedangkan jangka waktu pengiriman aplikasi hampir berakhir.

"Sehingga, harus minta tolong rekan kuliah saya yang tinggal di satu kontrakan untuk membantu mengirimkan scanned documents yang saya butuhkan," kata Irwan.

Hasil seleksi diumumkan sekitar April, dan ternyata Irwan bersama beberapa rekan dinyatakan lolos dan berhak mengikuti program. Tidak heran, Irwan mengaku sangat bersyukur dapat terpilih mengikuti program itu.

Program ini juga akan diikuti Kusrini dan Rizky untuk Teaching Mobility pada semester ini. Sedangkan, untuk Student Mobility pada semester depan akan diikuti Winda Sekar Dewi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement