Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Sekarang Bisa Bayar PBB Hingga Beli Paket Data di Kantor Pos

Selasa 04 Sep 2018 06:40 WIB

Rep: nora azizah/ Red: Dwi Murdaningsih

Kesibukan para petugas dibagian pengiriman paket di Kantor Pos Besar, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (21/6).

Kesibukan para petugas dibagian pengiriman paket di Kantor Pos Besar, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (21/6).

Foto: Republika/Edi Yusuf
PT Pos juga menjalin kerja sama pengiriman dan penitipan barang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pos Indonesia menambah fitur pembayaran melalui platform digital. Dengan menggandeng PT M Cash Integrasi, pelanggan Pos kini bisa menikmati ragam pembayaran baru melalui PosPay. Pelanggan bisa menikmati kemudahan pembayaran, mulai dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pembelian paket data.

Direktur Teknologi dan Informasi PT Pos Indonesia Charles Sitorus menjelaskan, bentuk kolaborasi tersebut dilakukan demi memperluas jaringan dan fitur pembayaran bagi pelanggan. "Kalau kami membangun sendiri tentu biayanya akan jauh lebih mahal, kolaborasi menjadi jalan ke luar memperluas layanan," kata Charles dalam acara Penandatanganan Kerja Sama PT Pos Indonesia dan PT M Cash Integrasi di Gedung Pos Pusat, Jakarta, Senin (3/9). 
 
Charles menjelaskan, saat ini PT Pos sudah memiliki layanan lebih dari 400 billers. Kerja sama dengan M Cash menghasilkan sekitar 300 billers produk payment point online bank (PPOB). Pelanggan juga mendapatkan kemudahan untuk pembayaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), voucher game dan restoran, serta produk digital lain. Nantinya produk tersebut akan didistribusikan PosPay, dan menjangkau lebih dari 4.800 kantor pos serta 40 ribu agen di seluruh Indonesia.
 
Kerja sama antara Pos dan M Cash juga menghadirkan Digital Locker M Box Pos untuk layanan logistik. Dgital Locker M Box Pos merupakan layanan pengiriman dan penitipan barang. Untuk layanan box penyimpanan, M Cash bertindak sebagai penyedia perangkat keras dan lunak sementara Pos menjadi mitra dalam servis logistik.
 
"Locker bisa digunakan pelanggan untuk mengirim atau menyimpan paket belanja," kata Direktur PT M Cash Integrasi Mohammad Anis Yunianto.
 
Locker sengaja dibuat untuk memudahkan pengiriman dan pengambilan paket belanja. Saat ini, jasa kirim masih mengalami kendala dari sisi penerimaan. Bagi pelanggan yang tinggal di apartemen, atau paket yang dikirim ke kantor biasanya harus dititipkan ke pihak keamanan atau resepsionis. Peran locker bisa membuat paket lebih aman sampai ke tangan pelanggan.
 
Petugas pengirim paket cukup menempatkan barang pada locker pengiriman. Kemudian pelanggan bisa mengambil barang melalui boks tersebut. Hal ini juga berlaku untuk jasa pengiriman paket. Petugas juga akan menghemat waktu, dan barang lebih aman terjaga. Terkait M Box, saat ini alat bisa dipantau secara online. Apabila mesin mati atau mengalami gangguan bisa diketahui secara real time.

Hingga akhir tahun ini, M Cash berencana menyediakan 100 M Box di titik penempatan yang berbeda. Target hingga akhir tahun 2019 akan ada 500 samai seribu M Box yang akan tersedia bagi pelanggan. "Saat ini masih wilayah Jabodetabek saja, kita akan lihat perkembangannya," kata Anis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA