Ahad 26 Aug 2018 18:16 WIB

All Indonesian Final Juga Berpeluang Tercipta di Ganda Putra

Empat wakil Indonesia melangkah ke semifinal

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
Foto: Humas PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menambah empat medali di cabang bulu tangkis Asian Games 2018. Hal ini setelah wakil keempat Indonesia melalui pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga melaju ke babak semifinal.

Melawan wakil satu-satunya Malaysia yang tersisa, Goh V Shem/Tan Wee Kiong di perempat final, Ahad (26/8), terjadi pertarungan yang ketat antar kedua pasangan sejak awal gim pertama. Baik Marcus/Kevin dan Goh/Tan bermain dengan bola-bola kecil di depan net.

Perolehan angka pun berlangsung ketat tidak pernah lebih dari jarak dua angka. Setelah Marcus/Kevin unggul 10-8, Goh/Tan mencuri tiga angka dan memimpin 10-11 di paruh gim.

Usai jeda, pertandingan ketat masih berlanjut. Kedudukan angka pun selalu sama dari 13-13, 15-15, 17-17. Kemudian Marcus/Kevin kembali unggul dengan 19-17 dan 20-18. Ketegangan kembali saat Goh/Tan mampu memaksakan deuce dengan 20-20. Pertarungan bola-bola kecil kembali terjadi tapi dimenangkan Marcus/Kevin untuk memenangkan gim pertama dengan 22-20.

Di gim kedua, perolehan angka Marcus/Kevin sempat unggul dengan 7-5, 9-7 dan 11-8 di paruh gim. Marcus/Kevin juga unggul jauh dengan 14-8 dan 15-10. Namun, Goh/Tan berupaya terus mengejar ketertinggalan angka.

 

Saat kedudukan 16-13, terjadi rally terpanjang antar kedua pasangan yang diakhiri dengan bola Marcus yang ke luar lapangan. Kedudukan menjadi 16-14. Goh/Tan berhasil menyamakan kedudukan dengan 17-17.

 

Marcus/Kevin kembali unggul dua angka dengan 19-17. Lagi-lagi Goh/Tan kembali menyamakan kedudukan, 19-19. Dalam kedudukan angka-angka kritis ini, Marcus/Kevin mampu memaksakan serangan dan mencuri dua angka beruntun dan menang dengan 21-19. Penonton di Istora Senayan, Jakarta pun langsung bergemuruh.

 

"Rame banget, kita lebih siap. Musuhnya juga bagus kan, mereka bola satu-satu bagus. Mereka cepat banget, harus siap di speed," kata Marcus usai pertandingan.

 

Mengenai angka yang tersusul di gim kedua, Kevin mengatakan lawan kali ini memang tidak mudah. Saat unggul, mereka bisa kembali ke performa terbaik mereka dan bisa menyusul.

 

Untuk pertandingan di babak semifinal melawan pasangan Cina Taipei Lee Jhe Juei/Lee Yang, Kevin mengatakan ia dan Marcus akan lebih siap lagi. "Mereka tidak mudah juga. Apalagi mereka sudah bisa mengalahkan pasangan Cina Zhang Nan/Cheng Liu. Jadi kita harus siap," jelas Kevin.

 

Sebelumnya, Indonesia juga lebih dulu mengirimkan pasangan ganda putra lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mengalahkan pasangan Malaysia lainnya, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan 21-17 dan 21-13. Sehingga mereka berpeluang menciptakan All Indonesian Final jika menang di babak semifinal.

 

Dua wakil Indonesia juga lolos ke babak semifinal di tunggal putra melalui Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Semifinalis dipastikan meraih medali, minimal perunggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement