Ahad 26 Aug 2018 01:40 WIB

Rifda Irfana Lutfi Ingin Berangkatkan Haji Orang Tua

Rifda baru saja mempersembahkan medali perak dari senam artistik Asian Games 2018.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Rifda Irfana Lutfi
Foto: Dok Inasgoc
Rifda Irfana Lutfi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wajah bahagia terpancar dari Rifda Irfana Lutfi saat bertemu dengan awak media di Rumah Indonesia. Rifda baru saja mempersembahkan medali perak dari senam artistik Asian Games 2018. Atlet yang baru berusia 18 tahun itu menjadi pencatat sejarah bangsa Indonesia. Medali perak adalah capaian terbaik atlet senam artistik Indonesia di ajang Asian Games. 

"Dedikasi kemenangan ini untuk keluarga, terutama kedua orang tua saya," kata Rifda saat ditemui Republika.co.id di Rumah Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/8).

Atlet kelahiran 16 Oktober 1999 itu tampil memukau untuk kategori lantai yang dipertandingkan di Hall D JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (24/8). Rifda mendapatkan skor 12.750. Ia hanya kalah dari pesenam Korea Utara Su Jong-kim yang mencatatkan skor 13.025. Sementara medali perunggu dimenangkan oleh atlet Jepang Shiho Nakaji dengan skor 12.600.

Keberhasilan Rifda membuatnya digajar hadiah yang lumayan dari pemerintah. Rifda akan mendapatkan bonus senilai Rp 400 juta. Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta itu sudah punya rencana untuk mempergunakan uang bonus dari Asian Games kali ini.

Rifda akan memberangkatkan kedua orang tua dan neneknya untuk beribadah haji ke tanah suci Mekkah. Rifda mengaku sudah lama bercita-cita untuk membantu orang tua dan neneknya menunaikan salah satu rukun Islam tersebut. 

Sebelumnya, Rifda juga pernah mencicipi bonus dari pemerintah saat menang medali emas SEA Games Kuala Lumpur 2017. Ketika itu, bonus Rifda dialokasikan untuk investasi properti supaya Rifda punya jaminan masa depan. 

"Kali ini uang akan saya siapkan untuk naik haji Ayah, Bunda dan Omah," ujar Rifda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement