Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Marathon Asian Games, CFD Sementara Ditiadakan

Jumat 24 Aug 2018 20:01 WIB

Rep: Farah Nabila Noersativa/ Red: Esthi Maharani

Warga beraktivitas pada hari bebas kendaraan (car free day) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (20/5).

Warga beraktivitas pada hari bebas kendaraan (car free day) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (20/5).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Pemberlakuan rekayasa lalu lintas dilakukan mulai Sabtu (25/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di wilayah Sudirman-Thamrin akan ditiadakan pada Ahad (26/8). Di kawasan tersebut akan diselenggarakan marathon Asian Games.

“Pada masa marathon itu, lalu lintas di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin itu, nanti akan ada perubahan, termasuk kegiatan hari bebas kendaraan bermotor. Jadi CFD hari Ahad ditiadakan,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/8).

Hal itu disebabkan, kata dia, karena wilayah itu akan dilintasi oleh para pelari marathon. Selain itu, para pelari harus didampingi oleh kendaraan-kendaraan untuk memenuhi kebutuhan para pelari.

“Karena kendaraan harus mendampingi para pelari. (Kendaraan itu) ada ambulans, ada kendaraan official, ada kendaraan media, yang meliput marathon,” ujar Anies.

Selain itu, adanya penyelenggaraan marathon itu menyebabkan pihaknya harus menutup beberapa ruas jalan dan melakukan rekayasa lalu lintas. Dia menekankan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas itu dilakukan mulai Sabtu (25/8) esok pagi, dan Ahad (26/8) pagi.

“Jadi penyelenggaraan marathon besok, akan dilakukan pagi. Mungkin sampai sekitar jam 10-11 saja,” ungkapnya.

Dia juga berujar, walaupun diberlakukan rekayasa lalu lintas karena penutupan ruas jalan dan peniadaan CFD, Transjakarta, kata dia masih akan tetap beroperasi. Sebab, lanjut Anies, warga Jakarta masih membutuhkan kendaraan umum di sekitar Senayan.

“Adapun jam dimana sedang ada kegiatan marathon, rute (Transjakarta) mengalami pergeseran, namun tujuannya tidak berubah. Dan, sesudah marathon selesai, semuanya juga selesai,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA