Jumat 24 Aug 2018 00:28 WIB

Korsel dan Vietnam Lolos ke Perempat Final Asian Games

Kemenangan Vietnam atas Bahrain terbilang dramatis.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Muhammad Hafil
Stadion Candrabhaga.
Foto: Antara/Risky Andrianto
Stadion Candrabhaga.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Timnas sepak bola Korea Selatan (Korsel) bersama Vietnam berhasil lolos ke babak perempat final Asian Games 2018 usai mengalahkan Iran dan Bahrain. Korsel menaklukkan Iran lewat skor 2-0 saat tanding di stadion Wibawa Mukti, sedangkan Vietnam mengejutkan menumbangkan Bahrain 1-0 di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat (Jabar) Kamis (23/8).

Hasil dua laga terpisah tersebut, memastikan sementara empat negara yang sudah lolos ke babak delapan besar. Di pertandingan sebelumnya, Uzbekistan dan Suriah juga melaju ke perempat final setelah membikin kandas Hong Kong (3-0), dan Palestina (1-0). Selanjutnya babak perempat final akan mempertemukan antara Suriah dan Vietnam, sedangkan Korsel akan berjumpa uzbekistan.

Saat laga melawan Iran di Wibawa Mukti, Korsel sudah unggul sejak babak pertama. Gol striker Ui Jo-hwang pada menit ke-40 menutup babak pertama dengan keunggulan Korsel 1-0. Di babak kedua, skuat asuhan pelatih Kim Hak-bum tersebut kembali unggul lewat gol pemain serang Lee Seung-woo pada menit ke-55. Skor 2-0 bertahan sampai menit ke-90. Tambahan waktu lima menit dari wasit juga tak membuat Iran mampu membalas gol.

Sementara di pertandingan lainnya, kemenangan Vietnam atas Bahrain di Patriot, terbilang dramatis. Kedua kesebelasan tampak imbang di babak pertama. Bahrain harus kehilangan satu pemainnya gelandang Ahmed Sanad pada menit ke-42, lantaran diusir wasit akibat kartu merah. Bahrain bermain 10 orang pada babak kedua. Tetapi Vietnam yang unggul jumlah pemain, tetap tak mampu mencetak gol.

Skor 0-0 masih terjaga sampai menit ke-85. Namun menjelang pertandingan usai, persisnya menit ke-88, gelandang pengganti Nguyen Cong Puong berhasil menjebol gawang Ammar Ahmad. Gol tersebut membuat Vietnam unggul 1-0. Sisa dua menit dari pertandingan normal, Bahrain tak mampu menyamakan kedudukan.

Namun wasit memberikan tambahan waktu sampai lima menit sebelum membubarkan pertandingan. Tetapi tetap saja, Bahrain tak mampu memaksa Vietnam bermain babak tambahan. Sampai pluit tanda bubar, Bahrain harus mengakui kemenangan Vietnam 0-1. 

Babak 16 besar Asian Games, belum selesai. Masih ada empat  partai pertandingan lainnya pada Jumat (24/8). Yakni Indonesia Vs Uni Emirate Arab (UEA) yang akan digelar di stadion Wibawa Mukti, dan Cina yang akan menghadapi Arab Saudi di stadion Patriot. Partai terakhir 16 besar, juga akan mempertemukan antara Banglades Vs Korea Utara (Korut), dan Malaysia Vs Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement