Selasa 21 Aug 2018 14:44 WIB

Beri Kejutan, Aldila Menang Atas Petenis Tunggal Jepang

Aldila lolos ke babak perempatfinal tenis tunggal putri Asian Games 2018

Rep: Lintar Satria/ Red: Hazliansyah
Aldila Sutjiadi
Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/M N Kanwa
Aldila Sutjiadi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Petenis tunggal putri Indonesia Aldila Sutjiadi menang atas petenis asal Jepang Miyu Kato. Aldila menang dengan skor telak 6-1, 6-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Lapangan Tenis, Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (21/8).

Dengan kemenangan ini Aldila lolos ke babak perempatfinal tenis tunggal putri Asian Games 2018.  

"Tentunya kita berharap dan mencoba yang terbaik. Ini adalah permainan, dan kami tidak menyangka bisa menang telak seperti ini," ujar pelatih sektor putri Indonesia, Deddy Tedjamukti, seusai laga, Selasa (21/8).

Meski terkejut dengan hasil positif ini, Deddy cukup yakin Aldila bisa mengalahkan petenis-petenis asal Jepang. Karena tim tenis Indonesia sempat melakukan ujicoba dengan tim Jepang dan hasilnya tidak terlalu buruk.

"Waktu di persiapan dulu kami sudah hampir mengalahkan Jepang di Singapura di ranking 200-an. Itu ada tanda-tandalah, kira-kira kami melawan di ranking 200 meskipun Aldila sekarang 600-an tapi sebelumnya 800, potensinya besar," kata Deddy.

Aldila tampil cermelang sejak awal pertandingan. Dalam sekejap ia berhasil unggul 4-0. Miyu sempat memberikan perlawanan dengan mencuri satu poin dari Aldila. Tapi Aldila berhasil menambah kedudukannya dua poin dan unggul 6-1 di set pertama.

Aldila tetap mempertahankan keunggulan di set kedua. Petenis berusia 23 tahun tersebut sama sekali tidak membiarkan Miyu mencuri satu poin.

Aldila sempat protes kepada wasit karena bola Miyu yang seharusnya keluar dinyatakan masuk oleh wasit. Tapi hal itu tidak mengganggu pikirannya dan terus mendapatkan poin demi poin sampai akhirnya meraih kemenangan.

Deddy mengatakan, di pertandingan hari ini ia tidak akan memberikan evaluasi apa pun kepada Aldila.  "Saya rasa dia main bagus sekali. Untuk hari ini tidak ada evaluasi, /kan semua lawan beda-beda ya, hari ini dia pas cara menghadapi lawannya," kata Deddy.

Aldila pun mengaku puas dengan penampilannya hari ini. Petenis kelahiran 1995 tersebut mengatakan bisa menerapkan strateginya dengan baik sejak awal pertandingan.  Mantan atlet NCAA Amerika itu belum memikirkan strategi apa yang akan dipakai untuk pertandingan berikutnya.

Ia hanya fokus untuk memulihkan dirinya setelah menjalani laga yang melelahkan. Pasalnya Aldila juga akan bermain bersama Cristopher Rungkat di sektor ganda campuran.  

"Mungkin pemulihan dulu, kayak kemarin aku langsung dipijat untung ada dokter di sini yang bisa bantu," kata Aldila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement