Senin 20 Aug 2018 12:40 WIB

Indonesia Geser Kazakhstan di Perolehan Medali Asian Games

Cina menambah dua emas untuk memperkuat posisinya di puncak daftar perolehan medali.

Atlet wushu Indonesia Lindswell Kwok beraksi di cabang wushu nomor taijijian Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Atlet wushu Indonesia Lindswell Kwok beraksi di cabang wushu nomor taijijian Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menggeser Kazakhstan di daftar perolehan medali Asian Games 2018 usai menambah pundi-pundi emasnya pada Senin (20/8). Setelah Defia Rosmaniar, giliran Lindswell Kwok yang mempersembahkan emas untuk Merah-Putih.

Indonesia kini menempati posisi kelima dengan perolehan 2 emas dan 1 perak. Indonesia melengserkan Kazakhstan yang harus turun ke posisi keenam dengan 1 emas 1 perak dan 2 perunggu. (Daftar Perolehan Medali Asian Games 2018)

Perolehan medali Kazakhstan kini juga ditempel Uzbekistan. Pada hari ini, Uzbekistan menambah satu perak untuk melengkapi perolehan medali sebelumnya 1 emas dan 2 perunggu.

Sementara, Cina menambah dua emas untuk memperkuat posisinya di puncak daftar perolehan medali. Cina memimpin sementara dengan 9 emas 5 perak dan 4 perunggu.

Jepang menempel di posisi kedua setelah meraih 3 emas 6 perak dan 5 perunggu. Korea Selatan mengumpulkan 2 emas 3 perak dan 6 perunggu di posisi ketiga. Iran berada di posisi keempat dengan 2 emas 2 perak dan 1 perunggu.

Berlaga di nomor taijiquan dan taijijian all round putri di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (20/8), Lindswell sempat grogi. Meski demikian pewushu asal Kota Medan, Sumut ini mampu menguasai keadaan.

Lindswell pun tampil prima. Dengan gerakan yang lemah lembut dan menawan, Lindswell mampu membukukan nilai 9,75 dan diganjar emas.

"Saya sempat tampil gugup pada awalnya. Bukan karena kehadiran Pak Presiden Joko Widodo. Padahal, tadi malam saya sudah bertekad tidak tampil gugup dan tenang. Tapi beruntung saya bisa tampil dengan baik," ujar Lindswell dengan mata berkaca-kaca.

Bagi Lindswell, ini emas pertamanya di pentas Asian Games. Pada Asian Games 2014 Incheon, wanita lajang ini hanya meraih perak.

Ia mengucap terima kasih kepada semua pihak atas doa untuknya, terutama keluarganya. "Medali emas ini saya persembahkan untuk semua pihak, terutama kepada bangsa dan negara ini. Saya bersyukur bisa mempersembahkan medali emas. Mungkin ini Asian Games terakhir buat saya," kata Lindswell.

Rasa haru dan gembira juga terucap dari bibir pelatih kepala cabang wushu Novita. Ia bangga anak buahnya mampu mempersembahkan medalk emas bagi dan negara. 

"Dari awal memang PB WI, yakin Lindswell  bakal meraih medali emas. Apalagi, atlet China tidak bertanding. Bangga pasti. Terima kepada semua pihak atas dukungannya," tutur Novita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement