Ahad 19 Aug 2018 15:48 WIB

Media Asing Puji Video Aksi Jokowi Tunggangi Motor ke GBK

Dalam sebuah video, Presiden Jokowi digambarkan menunggang motor paspampres ke GBK.

Rep: Fitriyanto, Mimi Kartika/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8).
Foto: Antara/Inasgoc/Dhoni Setiawan
Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rangkaian acara upacara pembukaan Asian Games 2018 mendapat pujian dari banyak pihak. Penyelenggara dianggap mampu mempertahankan atensi penonton sejak awal hingga akhir.

Sebagai pembuka acara, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menarik perhatian dengan tampil dalam sebuah video yang dikemas ala film action. Ide membuat video ini datang dari Creative Director Opening Ceremony Asian Games 2018, Wishnutama Kusubandio.

"Itu direncanakan, tapi sebagai bagian dari entertainment. Tidak ada pesan apapun, murni pekerjaan orang kreatif," kata Wishnutama dalam konferensi pers seusai upacara pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8).

Dalam video tersebut, Jokowi digambarkan berangkat dari Istana Bogor dalam pengawalan lengkap pada sore hari. Di tengah perjalanan menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta Pusat, iringan presiden terhambat oleh rombongan penonton upacara Asian Games ke-18. Jokowi melarang pasukan pengamanannya untuk membuka jalan.

Jokowi memilih turun dari mobil dinas dan menunggangi motor streetfighter milik paspampres berjenis Yamaha FZI. Lengkap dengan jas dan helm hitam yang menutup seluruh wajahnya, Jokowi diilustrasikan bergegas memacu motornya lalu melompati kendaraan di depannya untuk keluar dari kemacetan.

photo
Presiden Joko Widodo menaiki motor saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8).

Media asal Korea, Insight, mengatakan Jokowi menambah unsur hiburan dalam videonya dengan menyelipkan adegan aksi. Jokowi ditampilkan mengerem mendadak hingga roda belakang motornya terangkat untuk menghindari tabrakan dengan bajaj di gang sempit.

Video kemudian menampilkan hari sudah mulai gelap saat Jokowi memasuki Stadion Utama Gelora Bung Karno. Jokowi yang akan kembali mengikuti pilpres pada tahun depan tampak mengendarai motor sambil melambaikan tangan.

"Apakah ada presiden lain seperti ini?" tulis tim Insight.

Aksi Jokowi juga disorot oleh Xinhua Sports. Melalui akun Twitter-nya, media olahraga asal Cina itu menautkan akun Jokowi dalam kicauannya.

"Keren! Presiden Indonesia @jokowi naik motor ke pembukaan spektakuler Asian Games 2018," tulis @XHSports.

Sementara itu, The Gulf, menyebut aksi Jokowi menghibur dan memancing beragam komentar dari penonton. Menurut media Timur Tengah yang terbit dalam bahasa Inggris itu, video Jokowi menyulut kegembiraan untuk malam pembukaan Asian Games 2018.

Media India, Times of India, selain menyoroti aksi Jokowi naik motor gede, juga mengungkapkan malam pembukaan Asian Games 2018 menunjukkan Indonesia dalam berbagai sisi. Hal tersebut ditulis dalam artikel 'Asian Games 2018 begins with explosive opening ceremony in Jakarta'.

"Dari soal keramaian lalu lintas, warna-warni budaya, pesan bagi perdamaian dunia, Indonesia memadukan semuanya dalam pembukaan Asian Games ke-18 di Jakarta yang semarak dan bersemangat," tulis Times of India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement