Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Dukung Asian Games, Dirut Pertamina Ikut Bawakan Obor

Sabtu 18 Aug 2018 17:26 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda

Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia, Heru Setiawan, menjadi salah satu pembawa obor mewakili Pertamina.

Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia, Heru Setiawan, menjadi salah satu pembawa obor mewakili Pertamina.

Foto: Pertamina
Pertamina telah sukses menyiapkan elpiji untuk menyalakan obor Asian Games 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direksi Pertamina ikut berlari membawa obor Asian Games menjelang pembukaan ajang olah raga bergengsi ini, pada Sabtu (18/8). Event Asian Games 2018 merupakan hari-hari bersejarah bagi Pertamina, karena telah sukses menyiapkan elpiji untuk menyalakan obor yang dibawa keliling Indonesia selama satu bulan penuh, dari 19 Juli 2018, dimulai dari Yogyakarta dan berakhir di Gelora Bung Karno (GBK).

Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia, Heru Setiawan, menjadi salah satu pembawa obor mewakili Pertamina. Pada rute Sinarmas Land hingga Gedung Oil Center (Pertamina Lubricants), Heru berlari bersama dengan sekitar 250 orang Pertamina Runners dan pendukung acara.

Tak hanya itu, jajaran direksi Pertamina dan anak-anak perusahaannya turut menyambut di garis akhir. Pembawa obor disambut meriah oleh tim perkusi, cheerleader, karyawan, dan masyarakat yang ikut hadir.

"Energi gas Pertamina telah menghidupkan obor sepanjang kirab, sejumlah fasilitas juga sudah selesai dibangun. Yang tidak kalah penting, Pertamina selalu mendukung para atlit nasional untuk terus berkiprah, mengharumkan nama baik bangsa dengan prestasi yang membanggakan," ungkap Heru di Jakarta, Sabtu.

Pada Kirab Obor Asian Games 2018, Pertamina turut berkontribusi menyemarakkan obor yang diarak sepanjang 18 ribu kilometer, menjadi pesta rakyat khususnya pada kota-kota besar yang dilalui. Kirab Obor Asian Games menjadi energi yang menggerakkan rakyat untuk turut serta larut dalam pesta olah raga terbesar di Benua Asia.

Adapun torch relay di Jakarta merupakan yang ke lima kali bagi Pertamina untuk berpartisipasi. Torch relay Pertamina sebelumnya berlangsung di Kota Malang, Sorong, Makassar dan Pekanbaru.

Pertamina aktif dalam mendukung pelaksanaan torch relay, selain dengan menghadirkan Torch Bearer dan Torch Supporter, Pertamina juga menyelenggarakan aktivasi di lokasi-lokasi torch relay berupa panggung hiburan. Lalu lomba-lomba untuk masyarakat, dan juga grand prize bagi masyarakat untuk bersama-sama merasakan semangat dan energi dalam menyambut Asian Games 2018.

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, mengatakan sebagai BUMN, Pertamina sejak awal aktif mendukung kesuksesan pesta olah raga Asian Games. Salah satunya dengan ikut serta mengawal Kirab Obor Asian Games keliling Indonesia melalui penyediaan bahan bakar elpiji. 

photo
Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia, Heru Setiawan, menjadi salah satu pembawa obor mewakili Pertamina.

Basuki mengungkapkan, sebanyak 81 tabung elpiji 50 kilogram digunakan untuk menyalakan obor Asian Games, dan mini cauldron sebagai tempat untuk menyalakan obor di sepanjang jalur yang dilalui. Elpiji Pertamina disediakan di 43 titik yang tersebar di 53 kota pada 18 Provinsi. 

"Sebagai Official Prestige Partner di Asian Games 2018, Pertamina semaksimal mungkin mensupport setiap tahapan pesta olah raga empat tahunan ini. Asian Games memiliki energi dan spirit yang kuat sebagai etalase dunia karena semua mata akan tertuju kepada Indonesia sebagai tuan rumah," ujar Basuki.

Selain berkontribusi dalam pelaksanaan torch relay,  pertamina juga turut mendukung publikasi Asian Games 2018 melalui branding SPBU, mobil tanki, video mapping di Gedung Kantor Pusat, dan di aset-aset Pertamina lainnya. Berbagai bentuk partisipasi ini merupakan komitmen Pertamina untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 sebagai Official Energy Partner.

Pertamina juga turut serta membangun gedung Bowling Center di Jakabaring Sport City, Palembang. Secara keseluruhan, Pertamina memberikan bantuan dengan nilai sebesar Rp 117 Miliar.

Dukungan Pertamina Group juga diberikan anak usahanya, di antaranya PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Nusantara Regas. Ketika obor Asian Games tiba di Jakarta (16/8), PGN berpartisipasi dalam kirab obor di mana Direktur Utama PGN, Jobi Triananda Hasjim menjadi pembawa obor.

Ia membawa dari titik depan Kantor Kominfo hingga Patung Kuda Kencana, dengan 30 tim pelari, dan pebalap sepeda. Sementara PT Nusantara Regas menjamin kesiapan suplai gas untuk listrik di DKI Jakarta dan Jawa Bagian Barat, dari Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat.

"Kami turun langsung menyemarakkan torch relay dan akan memaksimalkan semua lini. Karena ini bagian dari upaya Pertamina Group menyukseskan Asian Games 2018 sebagai hajatan bersama kebanggaan masyarakat Asia," ungkap Heru dengan bangga.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 132 92 65 289
2 Japan 75 56 74 205
3 South Korea 49 58 70 177
4 Indonesia 31 24 43 98
5 Uzbekistan 21 24 25 70
 
Terpopuler
 
Terkomentari