Sabtu 18 Aug 2018 09:36 WIB

Anies: Doakan Agar Pembukaan Asian Games Malam Nanti Lancar

Anies menjadi salah satu pembawa obor Asian Games 2018 menuju GBK.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa obor saat Torch Relay Asian Games 2018 di Balaikota, Jakarta, Rabu (15/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa obor saat Torch Relay Asian Games 2018 di Balaikota, Jakarta, Rabu (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, adalah pelari pertama yang membawa obor Asian Games dari Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8), untuk dikirab menuju Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Anies pun meminta doa masyarakat agar pembukaan Asian Games malam nanti berjalan lancar.

"Jakarta adalah tuan rumah terbaik dan Jakarta bisa menyelenggarakan Asian Games dengan lancar dan Insya Allah nanti malam pembukaannya sukses kita doakan ya.  Kita doakan nanti malam berjalan dengan lancar," kata Anies, Sabtu.

Dia berharap, Jakarta bisa menjadi tuan rumah yang baik. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat menyambut dengan ramah tamu asing baik itu atlet, ofisial, atau pendukung tim dari negara lain.

"Bila mereka tersesat perlu informasi bantu dengan informasi tunjukkan bahwa warga Jakarta, warga Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk Asian Games ini," kata Gubernur.

Anies juga mengajak masyarakat untuk mendoakan atlet-atlet berlaga di Asian Games, agar bisa menjadi pemenang. Gubernur menyapa ratusan warga yang datang, lalu mengambil obor Asian Games dan menyala dari api abadi pada coudlroun, yang diletakan di sudut panggung.

Saat obor Asian Games itu menyala, Anies lalu turun dari podium dan membawa obor tersebut menuju pintu ke luar Monas bagian Timur, dengan diikuti ratusan masyarakat yang datang. Obor Asian Games tersebut dibawa melalui Silang Monas Barat Daya - Silang Monas Tenggara - Jl. Medan Merdeka Selatan - Jl. MH Thamrin - Bundaran HI - Jl. Jenderal Sudirman - Berputar di Bundaran Senayan - Jl. Gatot Subroto - Jl. Palmerah Timur - Jl. Gelora - Jl. Gerbang Pemuda - Putar Balik di bawah flyover Gerbang Pemuda - dan masuk melalui Pintu 10 GBK Senayan.

Upacara Pembukaan Asian Games 2018 akan menampilkan pertunjukan Indonesia sebagai negara maritim sejak Kerajaan Sriwijaya hingga Kerajaan Majapahit. "Salah satu segmen akan menunjukkan kekayaan alam laut Indonesia. Nusantara abad ketujuh dari Sriwijaya hingga Majapahit akan tergambarkan dalam pembukaan itu. Ada Gajah Mada sebagai pemersatu bangsa," kata penata tari Denny Malik ketika dihubungi media di Jakarta, Jumat (17/8).

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) mencatat 3.600 penari akan terlibat dalam upacara pembukaan pesta multicabang olahraga terbesar di Asia itu pada Sabtu (18/8). Denny mengatakan tarian yang ditampilkan dalam pembukaan Asian Games Ke-18 merupakan tarian daerah dari 34 provinsi di Indonesia.

"Lalu ditutup dengan tema kosmopolitan, 'Energy of Asia'. Dari masa lalu ke futuristis," katanya.

Indonesia, menurut Denny, punya kekayaan budaya seni tari termegah yang tidak dimiliki negara lain dan pantas untuk ditunjukkan dalam Upacara Pembukaan Asian Games 2018. "Kita punya pertunjukkan kesenian budaya yang mendunia dan bisa ditonton semua negara, tidak kuno, tidak ketinggalan zaman," katanya.

Denny mengaku, pelatihan 3.600 penari dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 membutuhkan waktu lima bulan menyusul sejumlah pengisi acara merupakan siswa-siswi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Selain tarian negara maritim, Pembukaan Asian Games 2018 juga dimeriahkan sejumlah penyanyi Indonesia seperti Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D'Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon, dan Via Vallen.

Selain Denny, Eko Suprianto juga terlibat sebagai penata tari pembukaan Asian Games. Mereka akan didukung Addie MS dan Ronald Steven sebagai penata musik serta nominator Grammy Award Joey Alexander serta penyanyi internasional Anggun C Sasmi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement