Rabu 15 Aug 2018 17:50 WIB

Pemain NBA Jordan Clarkson akan Tampil di Asian Games

Selain Clarkson ada dua pemain NBA yang akan bermain di Asian Games 2018.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Jordan Clarkson (kiri).
Foto: EPA/CJ GUNTHER
Jordan Clarkson (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, CLEVELAND -- Pemain Cleveland Cavaliers Jordan Clarkson akan bermain Asian Games 2018. Sebelumnya, Clarkson tidak izinkan untuk bermain untuk Filipina di ajang multievent terbesar di Asia tersebut oleh NBA. Tapi Asosiasi Basket Amerika Serikat itu akhirnya mengizinkan Clarkson untuk membela negaranya.

"Hati saya dipenuhi rasa terima kasih kepada semua orang yang membuat hal ini terjadi, sampai bertemu lagi," kata Clarkson di akun media sosial Facebook miliknya, seperti dilansir dari ESPN, Rabu (15/8).

Selain Clarkson ada dua pemain NBA yang akan bermain di Asian Games 2018, yakin Zhou Qi yang bermain untuk Houston Rocket dan Ding Yangyuhang yang bermain di Dallas Maverick. Keduanya akan bermain untuk Cina di Asian Games Jakarta-Palembang.

NBA sudah membuat kesepakatan dengan Federasi Basket Internasional (FIBA) yang mengizinkan pemain NBA untuk bermain di Olimpiade, Piala Dunia FIBA, dan Piala Kontinental, ditambah kualifikasi di turnamen yang diselenggarakan oleh FIBA. Tapi Asian Games tidak termasuk dalam kesepakatan tersebut.

Akhirnya, NBA berkomunikasi dengan Federasi Bola Basket Cina dan Filipina. Setelah negosiasi NBA pun memberikan dispensasi bagi ketiga pemain Asia yang berlaga di NBA tersebut.

Legenda Houston Rocket You Ming disebut sangat berpengaruh atas perubahan keputusan NBA ini. You Ming yang juga tercatat sebagail Hall of Fame NBA telah ditunjuk sebagai Presiden Tim Nasional Basket Cina.

Cina tengah merombak tim nasional di bawah asuhan You Ming. Perombakan ini dilakukan sebagai persiapan Piala Dunia FIBA. Cina akan menjadi tuan rumahnya pada tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement