Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Telkomsel Siap Perkenalkan Layanan 5G di Asian Games

Senin 13 Aug 2018 19:01 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Gita Amanda

Jaringan 5G ilustrasi

Jaringan 5G ilustrasi

Foto: BBC
Teknologi ini memiliki kecepatan dan kapasitas lebih besar dari generasi sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan operator telekomunikasi nasional, Telkomsel akan memperkenalkan layanan 5G pada perhelatan Asian Games 2018. Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan Telkomsel 5G Experience Center akan diresmikan dalam waktu dekat.

“Bagi masyarakat yang ingin merasakan kecanggihan layanan 5G dapat datang ke Telkomsel 5G Experience Center yang ada di perhelatan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta," kata Ririek dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (13/8).

Untuk mendukung terwujudnya layanan 5G di Asian Games, Telkomsel membangun BTS 5G indoor dan outdoor dengan menggunakan spektrum 28Ghz yang mampu menghasilkan speed hingga 16Gbps, low latency hingga 1ms. Teknologi dengan kecepatan dan kapasitas yang lebih besar dari generasi sebelumnya.

Ia mengatakan masyarakat dapat mengenal dan merasakan langsung implementasi melalui berbagai perangkat yang dilengkapi dengan teknologi 5G. Di antaranya seperti live streaming, Football 2020, future driving, cycling everywhere dan autonomous bus.

Ririek berharap seluruh perangkat yang terdapat pada Telkomsel 5G Experience Center dapat mengedukasi pengunjung secara langsung. Pengunjung akan mendapatkan informasi tentang manfaat dan keunggulan dari teknologi 5G di masa depan yakni high speed data rate, lower latency, geo-tagging, dan autonomous driving.

Sementara itu, Edward Ying Siew Heng Direktur Planning and Transformation Telkomsel mengatakan dengan layanan 5G, masyarakat dapat merasakan kecepatan mengakses mobile internet dengan latency kurang 1ms. Edward optimistis layanan 5G dapat memberikan manfaat yang lebih besar tak hanya kepada industri telekomunikasi saja. "Tetapi juga ke industri lainnya seperti kedokteran, pemerintahan, IOT dan lifestyle," ujarnya.

Lanjut dia, Telkomsel dapat mendukung program pemerintah yakni program industri 4.0. Melalui uji coba layanan 5G yang dilakukam Telkomsel di Asian Games dapat membuktikan di mata internasional, Indonesia siap menerima dan memanfaatkan teknologi terkini di industri telekomunikasi.

Melalui 5G, Ririek juga berharap, Telkomsel dapat mendukung kemajuan bangsa melalui teknologi revolusioner. Sehingga dapat mengubah cara hidup masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara nyata.

"Sehingga dengan produktivitas dan efisiensi tersebut dapat mendukung perekonomian nasional," tambah Ririek.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA