Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Kehadiran Ma’ruf Bisa Redam Isu Identitas

Senin 13 Aug 2018 04:35 WIB

Red: Ratna Puspita

Bakal capres-cawapres Pilpres 2019, Joko Widodo (ketiga kanan) dan Ma'ruf Amin (keempat kiri) berjalan keluar seusai menjalani tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8).

Bakal capres-cawapres Pilpres 2019, Joko Widodo (ketiga kanan) dan Ma'ruf Amin (keempat kiri) berjalan keluar seusai menjalani tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8).

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Sebab, Kiai Ma'ruf merupakan sosok yang dihormati di kalangan ulama.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pengamat politik Islam UIN Syarif Hidayatullah, Zaki Mubarak mengatakan, pengusungan Prof Dr KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) bisa berdampak positif bagi Joko Widodo (Jokowi) menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal tersebut terutama terkait dengan isu yang selama ini menyasar Jokowi.

Zaki meyakini, Kiai Ma’ruf mampu meredam isu identitas yang selama ini ramai. “Sebab, Kiai Ma'ruf merupakan sosok yang dihormati di kalangan ulama,” kata dia di Tangerang, Ahad (12/8).

Ia mengatakan pemilihan Kiai Ma’ruf sebagai cawapres memang membuat kaget aspirasi akar rumput pendukung Jokowi. Ia juga menilai pengusungan Kiai Ma’ruf pun lebih mencerminkan aspirasi dan kepentingan sejumlah elite parpol koalisi pendukung Jokowi.

Baca Juga:

Di sisi lain, Zaki menambahkan, basis massa Nahdlatul Ulama sangat gembira menyambut terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai cawapres. Dukungan dari basis pemilih Nahdliyin tentu akan all out pada pemungutan suara tahun depan. 

Ia menambahkan, berkaca pada hasil Pilpres tahun 2014, lumbung suara Joko Widodo ada pada warga Nahdliyin. Kendati demikian, ia mengatakan, Jokowi harus bekerja keras untuk bisa memperluas market pilihannya dan tak bisa mengandalkan hasil yang lalu.

Ia menerangkan, dengan proses demokrasi yang sekarang ini berbeda dari sebelumnya maka diperlukan strategi khusus lainnya dalam menarik simpatik warga. "Jika mau, maka Jokowi bisa mengajak Mahfud MD bergabung," ujarnya.

Baca Juga: Maruarar, Mahfud MD, dan Elemen Kejutan Jokowi

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA