Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Gubernur Banten Terima Obor Asian Games

Kamis 09 Aug 2018 23:33 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Hazliansyah

Wali Kota Serang Sulhi Hoir (tengah) disaksikan Gubernur Banten Wahidin Halim (ketiga kanan) membawa obor saat Torch Relay Asian Games 2018 di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Kamis (9/8).

Wali Kota Serang Sulhi Hoir (tengah) disaksikan Gubernur Banten Wahidin Halim (ketiga kanan) membawa obor saat Torch Relay Asian Games 2018 di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Kamis (9/8).

Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Gubernur menyebut antusiasme masyarakat sangat tinggi menyambut obor Asian Games

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Obor Asian Games 2018  tiba di Museum Negeri Banten. Obor dibawa oleh Gubernur Banten Wahidin Halim dari Surosowan Banten.

Wahidin diiringi rombongan ratusan orang. Dari penari tradisonal, merching band dan para atlet Banten.

"Banten mendapat penghormatan, sebuah provinsi, disambut dengan antusias oleh ribuan masyarakat, dari pagi tadi, siang, hingga saat ini," kata Wahidin dalam sambutannya di acara penerimaan Obor Asian Games, Kamis (9/8).

Masyarakat Banten memang menyambut Obor Asian Games dengan sangat antusias. Sejak tiba di Pelabuhan Merak, ribuan warga Banten sudah berbaris di pinggir jalan menyambut rombongan Pawai Obor Asian Games 2018.

Ribuan warga kembali menyambut Obor Asian Games di Rumah Dinas Walikota Cilegon. Obor lalu dibawa ke Danau Tasikardi, yang merupakan situs Kesultanan Banten.

Di Danau Tasikardi Obor Asian Games disambut oleh atraksi debus, ilmu kekebalan tubuh khas Banten. Selama perjalanan menuju Danau ini, jalanan dipenuhi oleh ratusan masyarakat yang ingin melihat secara langsung Obor Asian Games 2018.

"Hal ini menunjukan rakyat Banten memiliki semangat perjuangan, jiwa-jiwa yang sejati, yang tertanam darah yang terus mengalir dalam rangka menjaga prestasi dan harga diri bangsa Republik Indonesia," kata Wahidin.

Wahidin mengatakan, menjadi sebuah penghormatan Obor Asian Games diinapkan di Banten. Pada esok hari, Jumat (9/9), obor akan dibawa ke Purwarkarta. Wahidin berharap Obor Asian Games ini dapat memberikan makna tertentu bagi Indonesia.

"Obor ini memberikan makna, dari jutaan makna salah satunya adalah mari bangun bangun persatuan dan kesatuan di Republik yang kita cintai," kata Wahidin.

Setelah Asian Games 1962, pada baru Asian Games 2018 ini Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah. Wahidin mengatakan menjadi tuan rumah Asian Games tentu menjadi sebuah kebanggan karena telah dipercaya oleh negara-negara di Asia.

"Jika berhasil menyelenggarakan event besar Asian Games insya Allah tahun 2030 Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade," tambah Wahidin.

Lintar Satria

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA