Kamis 09 Aug 2018 11:11 WIB

Kim: Kemenangan Timnas U-16 Bisa Jadi Motivasi Timnas U-23

Kim memprediksi timnas U-23 melangkah mudah di fase grup Asian Games 2018.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Persib, Kim Kurniawan di Kantor FWB Cabang Bandung, Jalan Martadinata, Bandung, Jumat (11/5).
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pemain Persib, Kim Kurniawan di Kantor FWB Cabang Bandung, Jalan Martadinata, Bandung, Jumat (11/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim nasional (timnas) Indonesia U-16 berhasil melangkah ke semifinal Piala AFF U-16 dengan mulus tanpa kalah. Sebagai juara Grup A, timnas U-16 akan berhadapan dengan Malaysia di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8).

Gelandang Persib Bandung Kim Kurniawan memuji prestasi timnas U-16 karena tidak terkalahkan selama babak penyisihan grup. Mantan pemain timnas Indonesia ini mengakui potensi skuat U-16.

"Luar biasa, saya lihat strikernya, Bagas Kahfi itu bagus. Gol-gol dia juga tercipta bagus," kata Kim di Graha Persib, Rabu (8/8).

Kim mengatakan, prestasi timnas U-16 sebagai juara grup harusnya bisa menjadi motivasi untuk mengalahkan Malaysia. "Timnya bagus, jangan sampai ketemu Malaysia kalah. Saya lihat potensi bagus dan dukungan masyarakat juga besar," jelasnya.

Pemain nomor punggung 23 ini mengakui besarnya animo masyarakat Indonesia. Ia memprediksi, timnas U-16 akan maju ke final dan bertemu dengan Thailand. "Itu juga bisa berdampak ke timnas U-23, oh U-16-nya juara. Siapa tahu kita bisa membawa euforia itu ke Asian Games," kata dia.

Kim memprediksi timnas U-23 akan melangkah mudah di fase grup Asian Games 2018. "Tapi Asian Games kan diikuti oleh negara-negara yang sangat bagus dan kuat, seperti Korea, Iran, dan Thailand," kata dia mengingatkan.

Namun Kim tidak melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang memberatkan timnas U-23 Indonesia. Karena dukungan dan status tuan rumah dapat menjadi motivasi tersendiri untuk menjadi juara. "Jadi jangan remehkan Indonesia juga," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement