Rabu 08 Aug 2018 07:06 WIB

Pesan Suryo Agung pada Zohri

Suryo Agung meminta pelari asal NTB itu tidak terbebani target di Asian Games 2018.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Suryo Agung Wibowo
Foto: Antara/Andika Wahyu
Suryo Agung Wibowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemegang rekor lari 100 meter SEA Games, Suryo Agung Wibowo, memberikan pesan khusus kepada Lalu Muhammad Zohri dan kawan-kawan. Suryo menyambangi tempat latihan pelatnas Atletik Asian Games 2018 di Stadion Madya Senayan Jakarta, Selasa (7/8).

"Saya paham persaingan di Asian Games 2018 sangat ketat. Makanya, saya hanya meminta mereka tampil fokus dan enjoy saja," kata Suryo Agung, Selasa.

Peraih empat medali emas SEA Games Nakhon Ratchasima, Thailand 2007 dan Vientiane, Laos 2009, ini menyaksikan latihan atlet pelatnas atletik Asian Games 2018 bersama pemegang rekornas lari 400 meter putri, Emma Tahapary dan Rossy Dipoyanti.

Para legenda atletik Indonesa ini diutus Ketua Umum Indonesian Olympian Association (IOA) Yayuk Basuki untuk memberikan motivasi dan menyampaikan nilai-nilai luhur olahraga (olympism) kepada seluruh atlet Asian Games 2018. Ini agar para atlet bisa tampil maksimal di pesta olahraga empat tahunan negara-negara Asia tersebut.

photo
Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri melakukan selebrasi seusai menang dalam perlombaan Atletik IAAF World U20 Championships cabang lari 100 meter di Tampere, Finlandia, Kamis (11/7). Lehtikuva/Kalle Parkkinen via REUTERS

Khusus Lalu Muhammad Zohri yang lebih senang dipanggil Lalu, Suryo Agung meminta pelari asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu tidak terbebani target saat tampil di nomor lari 100 meter.

"Karier Lalu yang meraih emas pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia 2018 denegan catatan waktu 10,18 detik itu kan masih panjang. Peluangnya untuk bisa meraih prestasi lebih baik masih terbuka. Jangan jadikan beban jika tidak meraih medali saat bersaing dengan perlari senior. Pelari Cina, Su Bing Thian itu kan catatan waktunya lebih tajam yakni 9,91 detik," kata pemilik Suryo Agung Run School.

Adapun Emma dan Rossi menjelaskan nilai-nilai Olympism, yakni respect, excellence, and friendship. "Nilai Olympism itu penting sekali dan harus tertanam dalam diri atlet-atlet Indonesia," kata Emma Tahapary yang juga istri penyanyi, Yopie Latul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement