Senin 06 Aug 2018 16:37 WIB

Tim Karnaval UNY Raih Juara Dunia di Filipina

UNY menjadi juara umum World Art Camp Olympiade di Filipina.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim Karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di World Art Camp Olympiade Filipina.
Foto: Dok UNY Yogyakarta
Tim Karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di World Art Camp Olympiade Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim Karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Mereka baru saja ditasbihkan sebagai juara umum World Art Camp Olympiade di Filipina.

Mereka secara kumulatif meraih 13 medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu. Sehingga, label juara dunia jelas sangat layak disematkan kepada Tim Karnaval FT UNY.

Kali ini, total ada 13 delegasi Tim Karnaval FT UNY yang berangkat ke Filipina. Termasuk, dua dosen pembimbing dari Program Studi Pendidikan Teknik Busana, yakni Afif Ghurub Bestari dan Kusminarko Warno.

Pembimbing Tim Karnaval FT UNY, Afif mengatakan, 13 medali emas diraih dari beberapa kategori. UNY meraih Best design costume sketching, best booth installation, best costume photoghraph, dan best design for bodyform architecture.

Ada pula best costume bodyform architecture, best cooperation team, best fashion costume photograph, best modeling costume performance, best technology costume production, best innovative costume design dan best costume illustration.

"Medali perak untuk bidang fugure sketching carcoal, displaying photograph, acrylic figure painting dan dua perak untuk design costume sketching dan booth photograph," kata Afif.

Selain medali, mereka mendapat penghargaan khusus best overall multitalented artist. Menurut Afif, olimpiade diikuti 10 negara mulai Thailand, Brazil, Mesir, Turki, Myanmar, USA, Jepang, Belgia, Filipina dan Indonesia.

Olimpiade ini jadi yang pertama kali digelar, dan akan dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Tuan rumah akan berpindah-pindah negara. Rencananya, 2022 mendatang akan dilaksanakan di Thailand.

Sepanjang perlombaan, kreativitas tinggi dituntut terus terjaga. Sedangkan, bahan yang di gunakan lukisan mural terbesar di Gloria fantasyland dan bahan pelengkap lain dari panitia yang diberitahu lima menit sebelum lomba.

"Ada pula kami diminta membuat figure sketching dengan model dari sana dan disediakan waktu hanya 30 menit menggunakan pensil serta acrylic painting, dengan melukis model menggunakan cat acrylic dalam waktu 30 menit," ujar Afif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement