Sabtu 04 Aug 2018 05:55 WIB

Smesco Indonesia Dijadikan Destinasi Wisata Asian Games

Selain Smesco, pemerintah juga menetapkan tiga destinasi wisata belanja Asian Games

 Suasana Pameran SMESCO Festival 2014 di Jakarta, Kamis (19/6).
Foto: dokrep
Suasana Pameran SMESCO Festival 2014 di Jakarta, Kamis (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gedung Smesco Indonesia (Rumah Produk Unggulan UKM Indonesia) terpilih dan dijadikan salah satu dari empat destinasi wisata belanja bagi kontingen Asian Games 2018. Sebelum Smesco, pemerintah sudah menetapkan terlebih dulu tiga destinasi wisata belanja lainnya, yakni Grand Indonesia, Senayan City, dan Plaza Senayan.

"Terpilihnya Smesco Indonesia dengan pertimbangan bahwa Smesco merupakan tempat paling khas dan unik yang menyajikan pesona produk unggulan terbaik dan terbaru dari seluruh provinsi di Indonesia," kata Dirut Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Emilia Suhaimi sebagai pengelola Smesco Indonesia kepada wartawan di Jakarta, Jumat (3/8).

Emilia menambahkan, ketentuan sebagai destinasi wisata belanja tertuang dalam MoU (9 Juli 2018) antara Smesco Indonesia dengan PT Character Land selaku perusahaan yang ditunjuk INASGOC sebagai marketing agency official merchandise Asian Games 2018.

"Selain itu, Smesco Indonesia juga mengandung semangat edukasi mencintai produk lokal. Jadi, kita jelas berbeda dengan tiga destinasi wisata belanja lainnya," kata Emilia.

Menurut dia, para atlet dan official peserta Asian Games 2018 akan berkunjung ke Smesco Indonesia pada 27 Agustus 2018 dan 1 September 2018 dengan empat trip kunjungan membawa 400 orang kontingen masing-masing selama tiga jam. "Mereka bisa menyaksikan aneka produk kerajinan berkualitas yang dihasilkan UKM dari seluruh Indonesia," katanya.

Bagi dia, pesta olahraga bergengsi tingkat Asia ke-18 itu akan menjadi momentum terbaik untuk mempromosikan produk-produk unggulan Tanah Air dan merchandise Asian Games kepada tamu-tamu negara asing peserta Asian Games. "Smesco Indonesia telah mempersiapkan kunjungan tersebut dengan menyediakan berbagai produk souvenir yang didisplai di space area dan desain visual merchandise Asian Games di lantai dasar dengan nuansa Asian Games untuk menyambut kontingen Asian Games," kata Emilia.

Produk souvenir unggulan khusus untuk ajang Asian Games, lanjutnya, berasal dari 34 provinsi yang mengirimkan lima jenis produk terbaik masing-masing 100 buah per jenis dengan harga bersaing.

Emilia menjelaskan, tamu kontingen Asian Games yang tiba di Smesco Indonesia akan disambut dengan musik Calung Banyumasan dan pemberian stiker khusus agar dapat dibedakan dengan pengunjung lainnya. "Welcome drink-nya bir pletok khas Betawi. Pokoknya, benar-benar menampilkan wajah Indonesia," katanya.

Soal kuliner, menurut dia, Smesco Indonesia juga akan menampilkan wisata kuliner masakan khas Indonesia, seperti Soto Aceh, Bebek Ireng Surabaya, Nasi Rames, Gudeg, Nasi Bali, Bakso Malang, Toge Goreng, es cincau, es cendol durian, es doger, dan masih banyak yang lainnya.

"Ada juga atraksi lain seperti Tari Jaipong, Demo Batik, melukis dengan cat acrylic di tas blacu, demo aneka sulam, lukis kaos, dan sebagainya. Bagi yang suka selfie dan berfoto, disediakan juga booth foto khas Smesco Indonesia," kata Emilia.

Selain di Smesco Indonesia, ungkap Emilia, kegiatan sejenis juga dilakukan di Gelora Bung Karno difasilitasi Dinas KUKM DKI Jakarta dengan menyediakan 120 booth untuk dimanfaatkan UKM mitra Smesco Indonesia selama kegiatan Asian Games berlangsung.

"Ini peluang bagi UKM karena pesta olahraga yang digelar dari 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 diikuti sekitar 15 ribu atlet yang berasal dari 45 negara di Asia dari 42 cabang olahraga," kata Emilia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement