Jumat 03 Aug 2018 17:27 WIB

Gajah Way Kambas Sambut Obor Asian Games

Obor Asian Games akan tiba di Lampung 8 Agustus 2018.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Indira Rezkisari
Penangkaran Gajah, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, (20/3).
Foto: Republika / Darmawan
Penangkaran Gajah, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -– Dua gajah jinak asal Taman Nasional Way Kambas (TNWK) akan menyambut api obor Asian Games 2018 di Bundaran Tugu Adipura Kota Bandar Lampung pada 8-9 Agustus 2018. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung telah mempersiapkan pengawalan kirab obor olahraga tingkat Asia tersebut melibatkan gajah sebagai ikon Provinsi Lampung.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bandar Lampung Badri Tamam mengatakan, kirab obor Asian Games akan melintas di jalan Kota Bandar Lampung pada 8 dan 9 Agustus. Penyambutan oleh gajah asal TNWK yang disaksikan masyarakat dan anak-anak sekolah.

“Kirab api obor Asian Games tersebut akan melintasi jalan-jalan protokol kota,” katanya saat rapat persiapan penerimaan obor Asian Games XVIII tahun 2018 di Kantor Wali Kota Bandar Lampung, Jumat (3/8).

Baca juga: Rute Pawai Obor Asian Games di Kota Bandung Berubah

Rencananya,  obor Asian Games tersebut akan menginap semalam. Sedangkan dua gajah Lampung tersebut akan menyambut obor tersebut sebagai lambang kesiapan pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang tahun 2018. “Kami telah siap menerima api obor tersebut,” kata Badri.

Ia mengatakan semua instansi pemerintah dan swasta telah siap menyambut pergelaran Asian Games yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus mendatang. Semua instansi pemerintah dan swasta termasuk sekolah memasang spanduk guna mensukseskan penyelenggaran event olahraga empat tahunan tersebut yang sekarang Indonesia menjadi tuan rumah.

Balai TNWK yang berada di Kabupaten Lampung Timur akan mengirimkan dua gajah jinak dalam rangka menyambut dan memeriahkan kirab obor Asian Games 2018 pada 8 Agustus mendatang. Menurut Kepala Balai TNWK Subakir, pengiriman dua gajah jinak asal TNWK tersebut telah mendapat persetujuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Persetujuan dari Kementerian KLHK itu sesuai surat Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung tertanggal 25 Juli tentang Peminjaman Gajah Untuk Kegiatan Menyambut Kirab Obor Asian Games 2018 atau Torch Relay Kirap Api Obor Asian Games XVIII.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement