Kamis 02 Aug 2018 18:49 WIB

Olivia Zalianty Bawa Obor Asian Games Masuk Lubang Jepang

Bukittinggi menjadi satu-satunya kota di Sumatra Barat yang dilalui obor Asian Games.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolanda
Artis Olivia Zalianty didapuk sebagai pembawa obor melewati Lubang Jepang di Bukittinggi, Sumatra Barat pada Kamis (2/8).
Foto: Republika/Sapto Andika Candra
Artis Olivia Zalianty didapuk sebagai pembawa obor melewati Lubang Jepang di Bukittinggi, Sumatra Barat pada Kamis (2/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Kirab api obor Asian Games 2018 di Indonesia terbilang unik. Setelah sempat dibawa menyelam di Raja Ampat Papua Barat dan 'diarak' di atas papan selancar di Pantai Kuta Bali, obor Asian Games hari ini diarak masuk ke Lubang Jepang di Bukittinggi, Sumatra Barat pada Kamis (2/8). 

Artis Olivia Zalianty pun didapuk untuk mengarak obor Asian Games 2018 melalui saluran-saluran sempit nan bercabang di dalam Lubang Jepang sepanjang 1,4 kilometer (km). Arak-arakan dimulai dari depan SMA Negeri 2 Bukittinggi, kemudian berlanjut dengan prosesi menyalakan obor di Lapangan Kantin dan berlanjut hingga Lubang Jepang. Olivia sendiri menerima estafet obor dari Ketua Deputi ll INASGOC Francis Wanandi.

"Kalau kata atlet daerah medan terberat ya Lubang Jepang ini. Kalau lari di jalan mungkin euforianya begitu. Namun ini lari di dalam gua, sekarang gelap. Pengalaman beda sekali," ujar Olivia Zalianty usai mengarak obor melewati Lubang Jepang, Kamis (2/8).

Baca juga, Obor Asian Games 2018 Tiba di Bandara Minangkabau

Meski medan cukup berat, melalui ratusan anak tangga dan pasokan oksigen yang menipis karena ratusan orang ikut masuk ke dalam Lubang Jepang, Olivia tetap terlihat prima. Artis berusia 36 tahun ini tampak tegap dalam melangkahkan kaki di dalam Lubang Jepang. Ia berharap, semangat yang ia bawa saat membawa obor Asian Games 2018 bisa menular kepada para atlet nasional yang akan bertanding di Jakarta dan Palembang Agustus nanti. 

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit menyatakan apresiasinya kepada INASGOC yang memilih Bukittinggi sebagai salah satu kota yang dilalui api obor Asian Games 2018. Bukittinggi merupakan kota ke-28 dari 20 provinsi di Indonesia yang disambangi obor Asian Games. Lubang Jepang sengaja dipilih sebagai salah satu rute arak-arakan obor karena dianggap memiliki nilai sejarah tinggi bagi Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Diharapkan, gelaran Asian Games 2018 sejalan dengan semangat para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. 

"Kirab api Asian Games menunjukkan bahwa Indonesia harus sukses dari sisi penyelenggaraan dan prestasi," katanya.  

Selain Olivia, ada juga aktor Donny Kesuma dan mantan atlet tinju nasional Chris John yang bertugas membawa obor di Kota Bukittinggi. Kota yang diapit Gunung Singgalang dan Gunung Merapi ini merupakan satu-satunya kota di Sumbar yang dilalui api obor Asian Games 2018. Terdapat 21 titik di dalam kota yang akan dihampiri api obor dengan rute sepanjang 10 kilometer. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement