Kamis 02 Aug 2018 05:48 WIB

SD Quran Ar Risalah Tumbuhkan Budaya Peduli Lingkungan

Siswa diajak menanam bunga sambil diajari nilai-nilai religius.

Siswa SD Quran Ar Risalah belajar menanam pohon.
Foto: Dok Ar Risalah
Siswa SD Quran Ar Risalah belajar menanam pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sekolah Dasar Alquran (SD Qu) Ar Risalah Padang, Sumatera Barat mendidik siswanya untuk cinta dan peduli lingkungan. Hal tersebut tercermin dalam berbagai kegiatan luar kelas, seperti penghijauan taman sekolah pada kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) baru-baru ini.

“Dalam kegiatan tersebut siswa dilatih untuk menumbuhkan rasa memiliki sehingga dapat memunculkan sikap menjaga lingkungan sekolah yang merupakan rumah kedua mereka,” kata Kepala SD Qu Ar Risalah, Marjoni SPdI melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (1/8). Ia menyebutkan,  kegiatan ini melibatkan siswa, majelis guru dan juga orang tua.

Orang tua memasilitasi siswa membawa bunga ke sekolah. Sementara  para ustaz dan ustazah mengarahkan dalam menanam sambil mengajarkan nilai-nilai religius, seperti memulai semua kegiatan dengan membaca Basmalah, dan menjelaskan tentang kekuasaan Allah dalam menumbuhkan tanaman.

"Semoga dengan adanya tuntunan seperti ini diharapkan dapat menguatkan akidah siswa dan siswi SD QU Ar Risalah," ujarnya.

Ia menambahkan, SD Quran Ar Risalah merupakan sekolah dasar berbasis Alquran  yang dikembangkan oleh Yayasan Waqaf Ar Risalah Padang. Di antara keunggulan sekolah ini adalah memberikan target hafalan Alquran kepada peserta didiknya, di samping penanaman nilai -nilai keislaman dan akhlaqul karimah serta kemampuan akademis.

 

“Sekolah yang berlokasi di Air Dingin Koto Tangah Padang ini telah melahirkan satu angkatan lulusan pada tahun ajaran 2017/2018,” tutur Marjoni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement