Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Buya Syafii Maarif Ditunjuk Sebagai Anggota Dewan Etik MK

Kamis 02 Aug 2018 00:14 WIB

Red: Andri Saubani

Buya Syafii Maarif saat menjadi salah satu pemateri dalam Kuliah Pakar

Buya Syafii Maarif saat menjadi salah satu pemateri dalam Kuliah Pakar

Foto: dokumentasi
Buya Syafii Maarif menggantikan Gus Solah yang mengundurkan diri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Etik Mahkamah Konstitusi (MK) telah menunjuk anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Buya Ahmad Syafii Maarif. Buya Syafii akan menjabat sebagai anggota Dewan Etik MK menggantikan Gus Solah.

"Dari tiga nama, memang sudah mengerucut ke Buya Ahmad Syafii Maarif dan panitia seleksi memang menunjuk beliau untuk menggantikan jabatan Gus Solah di Dewan Etik MK," kata juru bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK RI, Jakarta, Rabu (1/8).

Fajar mengatakan, Buya Syafii sendiri sudah menyatakan bersedia untuk menjadi anggota Dewan Etik MK menggantikan Gus Solah. Selain Buya Syafii, Pansel Dewan Etik MK sebelumnya mengantongi dua nama lain, yaitu mantan Wakil Ketua Umum PBNU K.H. As'ad Said Ali dan penasihat KPK periode 2005 sampai 2013, Abdullah Hehamahua.

Adapun, panitia seleksi terdiri dari tiga orang, yaitu mantan Dewan Etik MK Hatta Mustafa, anggota Dewan Etik MK Bintan Saragih, dan mantan Hakim Konstitusi Mohammad Laica Marzuki. Gus Solah mengundurkan diri dari jabatan anggota Dewan Etik MK atas kesadaran dan kemauannya sendiri setelah mengalami stroke dan merasa kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk bertugas sebagai Dewan Etik MK. Selain Gus Solah, dua pejabat Dewan Etik MK yang tersisa pada saat ini adalah Achmad Roestandi selaku Ketua Dewan Etik MK dan Bintan Saragih selaku anggota

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA