Selasa 31 Jul 2018 14:34 WIB

26 Siswa Aceh akan diterbangkan ke Papua

Mereka terpilih mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara.

Sebanyak 26 siswa dari Provinsi Aceh berhasil lolos untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal  Nusantara 2018.
Foto: Dok PTSI
Sebanyak 26 siswa dari Provinsi Aceh berhasil lolos untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Siswa Mengenal Nusantara Kembali digelar tahun 2018. Untuk Provinsi Aceh, seleksi peserta telah dilakukan selama dua hari di Hotel Mekkah Banda Aceh, Senin-Selasa (30/7-31/7).

Sebanyak  69 siswa dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh mengikuti tes tertulis, wawancara, dan unjuk bakat untuk mendapatkan kesempatan menjadi peserta Siswa Mengenal Nusantara yang akan menjelajah Provinsi Papua.

Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi Aceh ini merupakan Sinergi PT BNI (Persero) Tbk  dan PT Surveyor Indonesia (Persero) (PTSI) sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap pendidikan generasi muda untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini.

Melalui seleksi, telah terpilih sebanyak 23 peserta dari 23 kabupaten/kota dan tiga  peserta difabel. "Saya senang sekali bisa lolos seleksi dan berangkat ke Papua. Alhamdulillah.  Demi Allah saya akan pergi dengan penuh semangat dan senang hati," ujar Muamar dari MAN 2,  Pidie Jaya, mlelalui rilis PTSI yang diterima Republika.co.id, Selasa (31/7).

photo
Lomba tersebut diadakan setiap tahun secara nasional, melibatkan pelajar dari 34 provinsi di Indonesia.

Muammar adalah siswa yang lolos dari Kabupaten/Kota Pidie Jaya. Anak kelima dari tujuh  bersaudara ini adalah yatim dan kini tinggal di panti asuhan.

Hal serupa dirasakan Silpiani, SMALBNP dari Kabupaten/Kota Tamiang peserta difabel tunarungu yang bangga bisa bergabung bersama teman-teman lainnya lolos seleksi ke Papua. "Terima kasih BUMN, kami difabel bisa diberi kesempatan mengikuti program ini," ujarnya.

Seleksi dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian BUMN, BNI dan Surveyor Indonesia. Peserta selanjutnya akan diberikan pembekalan mengenai wawasan sosial budaya, pendidikan, kewirausahaan, dan pengenalan BUMN sebelum diberangkatkan ke Papua tanggal 8 Agustus 2018.

Program Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan program pertukaran pelajar di 34 provinsi yang setiap tahun digelar oleh Kementerian BUMN sejak 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement