Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Obor Asian Games akan Singgah di Pasar Terapung Banjarmasin

Senin 30 Jul 2018 06:52 WIB

Red: Hazliansyah

Menteri Desa, PDTT Eko Putro Sandjojo Menerima Penyerahan Obor Asian Games 2018 selanjutnya dibawa berlari untuk di serahkan ke Atlit Pembawa Obor  untuk di bawa ke Bulukumba -Makasar  dan berakhir di Gelora Bung Karno. Sorong (27/7).

Menteri Desa, PDTT Eko Putro Sandjojo Menerima Penyerahan Obor Asian Games 2018 selanjutnya dibawa berlari untuk di serahkan ke Atlit Pembawa Obor  untuk di bawa ke Bulukumba -Makasar  dan berakhir di Gelora Bung Karno. Sorong (27/7).

Foto: dok. PDT
Obor Asian Games juga akan dibawa dengan kelotok yang jadi ikon kota Banjarmasin

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 terus bergerak dan sesuai dengan jadwal bakal masuk ke beberapa kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satunya melewati pasar terapung Siring Piere Tendean, Banjarmasin, Senin (30/7).

Berdasarkan data yang dihimpun media dari INASGOC, kirab obor akan dimulai dari Bandara Syamsudin Noor dan akan menyusuri sepanjang jalan menuju ibukota Kalimantan Selatan. Kemudian di Gedung Mahligai Pancasila yang akan diterima Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.

Banyak pihak akan dilibatkan pada kirab obor tersebut termasuk atlet dan mantan atlet. Sebut saja nama Abdul Rojak yang merupakan mantan atlet taekwondo, Verawati Fajrin mantan atlet bulu tangkis hingga atlet aktif seperti Zakly Asswan dan Brian Akbar yang merupakan atlet gulat.

Pasar terapung merupakan salah satu ikon daerah yang dikenal sebagai Kota Seribu Sungai itu. Adapun Kalimantan Selatan sendiri merupakan provinsi satu-satunya di Kalimantan yang dilalui kirab obor Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berharap masyarakat ikut memeriahkan penyambutan obor Asian Games 2018 di Banjarmasin, Senin (30/7).

"Kalimantan Selatan satu-satunya provinsi di wilayah Kalimantan yang akan dilintasi oleh obor perhelatan olahraga akbar tersebut, jadi mari kita tunjukan dukungan kita untuk suksesnya acara tersebut," ujar Sahbirin Noor.

Tidak hanya itu, obor Asian Games 2018 yang diambil dari api abadi di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, yang menjadi arena pelaksanaan Asian Games perdana 1951, akan dibawa naik kelotok atau perahu motor yang merupakan ciri khas atau identitas dari Kota Banjarmasin

Kirab Obor Asian Games 2018 bukan hanya sekadar untuk perayaan Asian Games, tetapi diharapkan menjadi kesempatan pemerintah pusat maupun daerah yang akan dilalui kirab obor untuk mengenalkan budaya serta tempat wisata daerah setempat kepada dunia.

"Saya mengimbau seluruh instansi swasta maupun pemerintahan turut berpartisipasi mensukseskan Asian Games 2018. Caranya,  bisa dengan turut mensosialisasikan kegiatan olahraga terbesar di Asia itu dengan memasang baliho atau spanduk di depan kantor instansi," kata Sahbirin Noor menambahkan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA