Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Bermain Sepak Bola Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Kamis 26 Jul 2018 11:52 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sejumlah pesepak bola Timnas U-23 berlatih memainkan bola saat kegiatan pemusatan latihan (TC) perdananya di Stadion Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (24/7).

Sejumlah pesepak bola Timnas U-23 berlatih memainkan bola saat kegiatan pemusatan latihan (TC) perdananya di Stadion Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (24/7).

Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Sepak bola juga membangun kekuatan serta mengurangi lemak tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, COPENHAGEN -- Tekanan darah tinggi bisa disebabkan dari tidak cukup tidur, makan terlalu banyak garam, atau kelebihan berat badan. Tidak melakukan olahraga yang cukup juga dapat meningkatkan risiko ini, yang juga dikenal sebagai hipertensi.

Tetap aktif, dan berolahraga teratur dapat menjaga jantung dan pembuluh darah tetap dalam kondisi baik. Bermain sepak bola di antara yang bisa menurunkan tekanan darah. Menurut layanan online GP Push Doctor, latihan itu dapat membantu pasien menurunkan berat badan, serta memperkuat jantung dan paru-paru.

"Manfaat kesehatan dari sepak bola termasuk meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah, membangun kekuatan, stamina dan kecepatan, serta mengurangi lemak tubuh," sebut Push Doctor, dilansir dari laman Express, Kamis (26/7).

Saat bermain sepak bola, kalori terbakar. Oleh karena itu, ini bisa menjadi cara yang baik untuk memperbaiki komposisi tubuh.

Ketika bermain sepak bola, seseorang menggunakan energi aerobik, menggunakan lemak sebagai substrat energi utama, dan secara anaerob, menggunakan karbohidrat yang tersimpan di otot sebagai glikogen sebagai substrat energi utama.

Selain itu, bermain sepak bola menurunkan tekanan darah pada tingkat yang sama dengan beberapa obat, menurut University of Copenhagen. Olahraga secara bersamaan meningkatkan massa otot dan memperkuat tulang.

Para peneliti mengungkapkan aktivitas intens, seperti berlari sama bermanfaatnya bagi tekanan darah sebagai aktivitas yang berkelanjutan dan lebih moderat. Sepak bola juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada pasien. Mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh dapat menurunkan risiko serangan jantung yang mematikan.

"Berolahraga secara teratur membantu membuat jantung Anda lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah, yang pada gilirannya menurunkan tekanan dan tekanan pada arteri Anda," kata David Wiener, Spesialis Nutrisi di Freeletics, aplikasi kebugaran.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA