Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Destinasi Wisata Siak Siap Sambut Obor Asian Games

Selasa 24 Jul 2018 23:36 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Objek wisata Istana Aseraiyah Hasyimiah atau yang kerap disebut Istana Siak, di Kabupaten Siak, Riau, Kamis (22/3).

Objek wisata Istana Aseraiyah Hasyimiah atau yang kerap disebut Istana Siak, di Kabupaten Siak, Riau, Kamis (22/3).

Foto: Antara/FB Anggoro
Obor Asian Games rencananya tiba di Siak pada 1 Agustus 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, SIAK -- Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, siap memperkenalkan beberapa destinasi wisata saat obor Asian Games XVIII datang menyinggahi kota istana ini. Rencananya obor tiba pada 1 Agustus 2018.

"Selain akan memperkenalkan beberapa destinasi wisata, atraksi seni budaya di Kabupaten Siak bakal meriahkan penyambutan obor api Asian Games pekan mendatang," kata Bupati Siak Syamsuar di Siak, Selasa (24/7).

Rombongan pawai api obor Asian Games sesampai di Kota Pekanbaru akan dibawa ke Kabupaten Siak terlebih dahulu. Momentum langka ini dimanfaatkan pemerintah daerah setempat sebagai ajang promosi pariwisata dengan menyelenggarakan acara puncak di depan Istana Siak, yang memang sudah menjadi ikon wisata wilayah tersebut.

"Istana Siak menjadi salah satu-satu ikon pariwisata di Provinsi Riau yang akan disinggahi rombongan Kirab Api Obor Asian Games 2018. Tentunya kepercayaan pemerintah pusat ini amat membanggakan kita. Rugi kalau kesempatan promosi pariwisata ini tidak kita manfaatkan dengan baik," ucapnya.

Di Siak lanjut Syamsuar, pawai obor Asian Games diagendakan melewati sedikitnya 11 destinasi wisata sejarah, dan religi di Negeri Istana. Begitu tiba, rombongan akan diistirahatkan untuk makan malam di kediaman Bupati Siak Komplek Abdi Praja yang berlokasi di jalan Raja Kecik.

Malamnya dari kediaman Bupati, obor akan diserahkan Gubernur Riau ke Bupati Siak yang kemudian dilepas arak-arakannya ke lapangan depan Istana Siak untuk acara puncak.

Di depan Istana Siak pemerintah menyuguhkan atraksi kesenian dan budaya Melayu Siak. Setelahnya, pawai obor akan dilanjutkan oleh 10 atlet Siak berprestasi.

Salah satu di antaranya karateka cilik dunia Buffon Sinaga, beserta TNI-Polri melewati beberapa situs sejarah Kesultanan Siak seperti Makam Koto Tinggi, Tepian Bandar Sungai Jantan, Mesjid Syahabuddin, Makam Pahlawan Sultan Syarif Kasim II, Makam Syekh Abdurrahman, dan Ruang Hijau Tengku Syarifah Aminah, Gedung Daerah SSK II, LAMR Siak, Mesjid Sultan Syarif Hasyim Islamic Center Madinatul Ulum, dan kembali ke jembatan TSAL untuk melanjutkan perjalanan kirab ke Kota Pekanbaru.

"Diperkirakan rombongan kirab berjumlah 350 orang, 75 di antaranya wartawan dari berbagai media nasional," sebut Syamsuar.

"Lewat pawai obor ini kita ingin memperkenalkan Siak sebagai tujuan wisata sejarah dan budaya terbaik di Riau. Siak juga kaya akan ragam kuliner khas yang lezat. Semuanya bisa dinikmati wisatawan yang datang bersamaan momentum parade obor Asian Games 2018."

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 132 92 65 289
2 Japan 75 56 74 205
3 South Korea 49 58 70 177
4 Indonesia 31 24 43 98
5 Uzbekistan 21 24 25 70
 
Terpopuler
 
Terkomentari