Senin 23 Jul 2018 16:00 WIB

884 Sukarelawan Tiket Disiapkan untuk Asian Games 2018

Mereka bertugas pada saat acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Rep: Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
e-money yang sekaligus berfungsi sebagai kartu identitas relawan (Volunteer) Asian Games 2018.
Foto: bank mandiri
e-money yang sekaligus berfungsi sebagai kartu identitas relawan (Volunteer) Asian Games 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 884 sukarelawan disiapkan untuk melayani proses tiketing pada Asian Games 2018. Para sukarelawan yang bertugas di Jakarta mulai mendapatkan pelatihan hari ini.

Sebanyak 458 sukarelawan akan bertugas di Jakarta. Mereka bertugas pada saat acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Sebagian lain akan melayani para penonton pertandingan di semua venue.

Ada pula 256 sukarelawan lain yang bertugas di Jawa Barat. Ada empat venue sepakbola yang akan mereka layani, yakni Stadion Patriot Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Stadion Pakansari Cibinong, dan Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Relawan lain yang berjumlah 170 orang akan bertugas di Jakabaring Sport City Palembang.

"Semua volunteer di sini adalah bagian dari sejarah. Kalian semua di sini akan menorehkan tinta emas kesuksesan emas bangsa Indonesia yang menjadi bangsa besar dan maju di dunia," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (23/7).

Sandiaga menjelaskan, para relawan berinisiatif mendaftarkan diri pada event Asian Games 2018. Mereka ingin berpartisipasi dalam ajang olah raga terbesar kedua dunia tersebut. Menurutnya, peran para relawan sangat penting karena tertibnya penyelenggaraan dan optimalnya pelayanan tiketing akan memberikan pengalaman terbaik bagi penonton, pendukung, atlet dan para ofisial.

"Volunteer di sini mungkin sekali seumur hidup merasakan Asian Games. Dan bagi kita semua ini adalah perhelatan yang betul-betul kita pastikan sukses, harus kita pastikan membanggakan bangsa dan negara," ujar Sandiaga.

Dalam memberikan pelayanan, para relawan akan berpedoman pada prinsip yang tergambar dalam jargon MESRA (Meladeni, Sinergik, Senyum, Ramah, Aman). Mereka juga dituntut memenuhi tiga hal yaitu kecepatan (speed), kerja sama tim (teamwork), dan ketangguhan (endurence).

"Asian Games ini tiga minggu hampir dihabiskan. Mulai 18 Agustus dan anda sudah bekerja mulai 1 Agustus sampai tanggal 2 September paling tidak. Dan sebagian dari kalian akan meneruskan lagi ke Asian Para Games sampai pertengahan Oktober," ujar dia.

Sandiaga mengimbau kepada masyarakat yang ingin membeli tiket agar dapat memesan lebih awal. Sebab tiket Asian Games 2018 diprediksi akan terjual dengan cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement