Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Klopp tak Peduli dengan Kritik Transfer Mewah Liverpool

Senin 23 Jul 2018 09:27 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Hazliansyah

Juergen Klopp

Juergen Klopp

Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Klopp seolah menelan ludahnya sendiri yang sebelumnya enggan memboyong pemain mahal

REPUBLIKA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT -- Manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan dirinya tak peduli atas kritik transfer yang dilakukan the Reds pada mercato musim panas kali ini. Liverpool mendatangkan kiper AS Roma Alisson Becker seharta 66,8 juta poudns atau setara Rp 1,2 triliun, menjadikan Becker sebagai kiper termahal saat ini.

Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan Klopp sebelumnya saat mengomentari transfer yang dilakukan Manchester United mendatangkan Pogba dengan harga fantastis dari Juventus. Kala itu Klopp mengatakan lebih memilih pensiun sebagai pelatih daripada harus membeli pemain mahal.

"Kami tak peduli apa yang dipikirkan disekitar dunia kami. Seperti MU yang tak peduli dengan apa yang saya katakan," aku Klopp dikutip BBC Sport, Senin (23/7).

The Reds memang tengah gencar memperkokoh skuat mereka di musim 2018/2019 mendatang. Setelah menjadi finalis Liga Champions musim lalu, manajemen Liverpool secara terbuka mengatakan bakal menggelontorkan dana besar demi mendatangkan pemain yang dibutuhkan oleh sang mentor.

(Alisson Becker dan Tim di Balik Belanja Fantastis Liverpool)

Gelandang RB Leipzig Naby Keita, Fabinho (AS Monaco), Xherdan Shaqiri (Stoke City), dan teranyar Alisson Becker (AS Roma) sudah mendarat di Anfield Stadium. Sebelumnya bek tengah Southampton Virgil van Djik juga telah merapat ke Merseyside dengan banderol mengagumkan 75 juta pounds.

"Itu hanya pendapat saya pada saat itu. Apakah saya mengubah pendapat saya? Ya, itu benar. Tetapi lebih baik mengubah pendapat Anda daripada tidak pernah memiliki pendapat," sambung eks pelatih Borussia Dortmund.

Bisa dibilang skuat Liverpool sangat komplit. Lini belakang diisi oleh Alisson dan Van Djik. Sedangkan di posisi tengah ada Fabinho dan Keita, serta Jordan Henderson. Lalu di depan masih ada trio mematikan yang diisi oleh Sadio Mane, Roberto Firmino, dan pemain yang tengah naik daun, Mohamed Salah.

Lantas apakah musim ini akan menjadi milik the Kop? Di atas kertas, mereka memiliki itu. Namun, persaingan di lima besar Liga Primer Inggris dinilai akan selalu sulit bagi siapa pun.

(Klopp Pastikan Alisson Menjadi Kiper Utama di Liverpool)

"Apa pun yang dikatakan orang dan ditodongkan lagi dan lagi, saya mengalami hari-hari yang lebih buruk dalam hidup saya dan hal buruk terjadi pada saya. Kami memiliki pemain yang kami inginkan, jadi saya baik-baik saja dengan itu," ucap 51 tahun.

Pelatih yang mengagumi sosok Ariggo Sacchi merasa jika akan ada lebih banyak transaksi besar-besaran sebelum jendela transfer Inggris ditutup pada 9 Agustus.

"Dunia telah berubah total. Anda tak bisa mendapatkan penjaga gawang kelas dunia yang memiliki kontrak sangat panjang di Roma dengan status bebas transfer," kata Klopp.

Fenomena industri sepak bola memang bertumbuh pesat. Bisnis jual beli pemain yang dilakukan klub-klub top memang membuat dunia /menganga.

Berawal dari ekspansi raja-raja minyak di Eropa, Manchester City, yang dikuasai Sheikh Mansour rela menggelontorkan dana gila-gilaan untuk menembus empat besar Liga Inggris atau bersaing dengan sang rival Manchester United.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA