Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Pilih Makanan Pengusir Perut Buncit

Kamis 19 Jul 2018 08:05 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nur Aini

Perut buncit dengan lemak perut tebal (ilustrasi)

Perut buncit dengan lemak perut tebal (ilustrasi)

Foto: ROLLINGOUT
Sejumlah makanan mengandung gizi untuk membantu menyingkirkan lemak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cermat memilih makanan adalah cara mudah untuk memangkas lemak di perut. Menurut studi yang diterbitkan dalam Medical News Today, ada 13 makanan yang ampuh menurunkan berat badan dan terbagi dalam klasifikasi berikut.

1. Kacang-kacangan dan serealia
Urutan teratas dalam kategori kacang-kacangan ditempati almon yang kaya magnesium, vitamin E, zat besi, kalsium, dan serat. Selanjutnya ada lentil dan kacang Brasil yang mengandung selenium, mineral yang berfungsi melancarkan metabolisme.

Pada klasifikasi serealia, ada oat dengan karbohidrat kompleks dan serat larut yang memperlambat pencernaan dan menstabilkan gula darah. Opsi lain, sila mencoba wheat germ yang tinggi serat, vitamin, dan asam lemak.

2. Sayur, buah, dan umbi
Sayuran seperti kale dan brokoli kaya nutrisi dan antioksidan sehingga sangat disarankan. Begitu pula buah alpukat yang tinggi kandungan lemak baik sehingga sangat berkhasiat untuk membantu upaya menyingkirkan bobot berlebih.

Buah blueberry pun sempurna untuk diet sehat karena polifenol di dalamnya mengurangi perkembangan sel-sel lemak. Pilihan lain, ada ubi yang rendah kalori, kaya serat, dan mengandung vitamin A, B6, C, zat besi, kalsium, dan protein.

3. Produk hewani
Studi mengungkap bahwa ikan, ayam, dan telur adalah pilihan yang sebaiknya tidak dilewatkan dalam daftar makanan sehat. Ketiganya juga mudah didapatkan karena merupakan belanjaan wajib hampir setiap keluarga.

Telur, misalnya, merupakan sumber protein dan penuh dengan leusina, asam amino yang penting untuk menstimulasi otot. Sementara daging ayam adalah sumber protein dan ikan sangat kaya kandungan lemak baik, dikutip dari laman Daily Star.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA